Memilih AC Hemat Listrik Dan Pertimbangan Tepat Lainnya

Air conditioner atau AC adalah mesin yang digunakan untuk mendinginkan ruangan. Dulu, AC adalah barang mewah sedangkan sekarang AC sudah banyak digunakan oleh setiap keluarga. Semakin banyaknya permintaan terhadap AC membuat semua produsen pembuat AC berlomba-lomba menawarkan fitur yang menarik seperti: AC hemat listrik, desain yang menarik hingga ragam fitur tambahan.

Dengan banyaknya tawaran yang menarik, membuat kita bingung memilih AC yang terbaik. Memilih AC tidak bisa sembarangan karena jika salah membeli, misalnya ternyata AC menyedot banyak listrik yang berlebihan malah membuat tidak nyaman. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa hal yang penting untuk dijadikan bahan pertimbangan saat memilih/ membeli AC.

Baca juga: POIN PENTING MEMILIH AC HEMAT LISTRIK

Pilih PK Yang Sesuai Kebutuhan

Pertimbangan pertama yang penting jika memilih AC adalah berapa PK yang dibutuhkan. Jika PK kurang besar menyebabkan ruangan terasa kurang dingin. Sedangkan jika terlalu besar mengakibatkan ruangan terlalu dingin dan hambur listrik. Berikut ini rumus cara menghitung PK.

= luas ruangan dalam m2 x c500

= lebar x panjang x 500

Rumus diatas menghasilkan satuan Btu. Berikut daftar PK yang dibutuhkan sesuai dengan ukuran ruangan.

  • Ukuran ruangan 10m2: ½ PK = 5000 Btu/h
  • Ukuran ruangan14m2: ¾ PK = 7000 Btu/h
  • Ukuran ruangan 18m2: 1PK=9000 Btu/h
  • Ukuran ruangan 24m2: 1 ½ PK= 12000 Btu/h
  • Ukuran ruangan 36m2: 2 PK= 18000 Btu/h

Penggunaan Listrik

Pilihlah Ac hemat listik yang efisien. Dalam membandingkan PK juga harus melihat berapa besarnya watt penggunaan AC di tarikan awal atau saat AC baru dinyalakan sampai pada waktu dinyalakan.

AC Tipe Standard, Low Watt Ataukah Inverter

AC tipe split dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu: standard, low watt dan inverter. AC tipe low watt jika diartikan adalah tipe standar yang penggunaan dayanya pada kompressornya dikurangi agar listriknya lebih irit. Ac tipe ini cocok untuk rumah yang daya listriknya kecil. sedangkan dari konsep cara kerjanya, tipe low watt dan Ac tipe standar sama.

Berbeda dengan tipe Ac inverter dimana A ini bekerja sangat keras di tarikan awal namun dapat mendinginkan ruangan dengan cepat. Pada waktu suhu ruangan sudah mencapai suhu sesuai dengan yang disetel di remote, kinerjanya akan berkurang sehingga penggunaan listriknya sebenarnya relatif lebih rnedah. Karena tipe Ac inverter menggunakan watt yang besar di tarikan awal lalu pada saat ruangan sudah dingin, penggunaan wattnya menjadi relatif rendah.

Selain pertimbangan saat memilih/ membeli AC seperti membeli Ac hemat listrik, sesuai PK nya dan memilih tipe Ac yang sesuai penting juga memperhatikan fitur tambahan. Setiap merk dan jenis Ac memiliki fitur yang berbeda-beda, pilih yang sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *