Maksimalkan Produksi dengan Bantuan Mesin Potong Ayam

Maksimalkan Produksi dengan Bantuan Mesin Potong Ayam

Saat ini, konsumen sudah mulai selektif dalam membeli daging ayam yang banyak dijual di pasar tradisional. Umumnya mereka memilih daging dari rumah potong karena dinilai lebih terjamin kebersihannya. Hal ini mungkin dikarenakan daging ayam potong asal pabrik dan rumah potong modern dikerjakan dengan mesin potong ayam sehingga prosesnya bersih sejak pengangkutan ayam sampai penyembelihan.

Maksimalkan Produksi dengan Bantuan Mesin Potong Ayam

Pabrik maupun rumah pemotongan ayam modern terikat dengan standar  tertentu untuk lebih menjamin kualitas dan kehalalan produk mereka. Inilah yang kemudian membuat mereka mempertimbangkan penggunaan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan mendapat keuntungan lebih banyak.

Prosedur pemotongan yang melibatkan mesin potong ayam di rumah pemotongan ini antara lain;

  • Ayam masih hidup dimasukkan dalam keranjang plastik dalam posisi terbalik lalu digantung. Sementara tempat bekas ayam tadi disemprot disinfektan.
  • Penyembelihan dilakukan menggunakan mesin potong ayam 4 saluran meliputi vena jugularis, arteri karotidea, esofagus serta trakea. Ayam tetap dalam posisi terbalik agar darahnya terkuras habis.
  • Ayam direndam air panas untuk memudahkan proses pencabutan bulu.
  • Mencabut bulu juga dilakukan menggunakan mesin khusus.
  • Kemudian, ayam dipindah ke mesin potong ayam berikutnya yang akan membuka tengah ayam.
  • Ayam lalu dibawa menuju ruang pembersihan jeroan yang meliputi usus, jantung, hati dan ampela. Jerohan tersebut lalu masing-masing dikumpulkan.
  • Bagian dalam karkas ayam yang sudah bersih dari jerohan lalu disiram dengan semprotan bertegangan tinggi.
  • Selanjutya, ayam akan dibagi dalam beberapa bagian seperti sayap, paha dan dada sesuai kebutuhan.
  • Ayam lalu dicelupkan ke air dingin dan ditaruh di ruang dingin, dikemas lalu segera diantar ke tempat penjualan.

Mesin potong ayam merupakan mesin untuk memudahkan proses pemotongan ayam agar lebih mudah dan cepat. Menggunakan mesin ini, Anda bisa memotong bagian-bagian tubuh ayam dengan lebih cepat dan efisien. Dengan demikian, maka hasil potongan daging ayam yang didapat pun lebih rapi, banyak dan berkualitas.

Jika Anda memiliki usaha pemotongan ayam, untuk meningkatkan kapasitas produksi atau menunjang pekerjaan perlu menggunakan mesin potong ayam ini. Alat ini dapat membantu memotong daging ayam ke dalam beberapa bagian sederhana dengan cepat.

Baca juga: Melirik 4 Manfaat dari Penggunaan Mesin Potong Ayam

Keberadaan mesin ini di rumah pemotongan Anda akan semakin meningkatkan kapasitas produksi yang juga akan menambah penghasilan yang Anda dapat dibanding dengan cara pemotongan konvensional yang tak jarang akan menguras tenaga dan waktu.

Menggunakan mesin potong ayam ini juga tidak terlalu rumit. Tidak diperlukan keahlian khusus dalam mengoperasikannya. Proses yang meliputi pekerjaan potong ayam ini juga tidak terlalu banyak. Namun demikian, Anda sebaiknya juga tetap berhati-hati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *