Langkah Perawatan Mesin Potong Rumput yang Perlu Diperhatikan

Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, rumput liar memang selalu tumbuh di halaman rumah, selain merusak pemandangan sering kali hal ini menyebabkan serangga berkembang biak disana, sehingga memunculkan berbagai macam masalah kesehatan. Untuk itulah banyak yang tak segan untuk memangkasnya. Mesin potong rumput bisa menjadi salah satu alternatif terbaik dalam mengatasi hal tersebut. Alat yang satu ini biasanya digunakan untuk memotong bagian ujung atas hingga ke pangkal rumput meskipun tak menghilangkan akarnya, namun memang sangat efektif digunakan kembali membersihkan halaman rumah Anda.

Produk yang satu ini ditawarkan dalam 2 bentuk, yaitu seri yang gendong dan juga dorong, seri gendong ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan didorong dengan hasil yang efektif membersihkan. Hanya saja menggunakan pemotong rumput ini juga tak boleh sembarangan, mengingat bagian pisau tajam tersebut sangat berpotensi untuk melukai, belum lagi nantinya efek-efek lain seperti halnya batu atau benda tajam yang ikut hancur karena mesin tersebut.

Penting juga untuk mengetahui bagaimana langkah perawatan mesin potong rumput, mengingat setelah memasuki musim kemarau dan tak tumbuh rumput lagi, sudah jarang diantara masyarakat yang menggunakannya, sehingga ketika dipakai lagi kualitasnya juga tak sebagus dulu, berikut ini diantaranya:

  1. Rutin mengganti oli maupun bensin pada mesin tersebut, kedua bahan ini memiliki fungsi yang sangat penting sebagai pelumas untuk menjaga mesin tidak mengalami pembakaran atau oksidasi, sedangkan yang lainnya sebagai bahan bakar. Agar kinerjanya tetap baik maka pastikan pergantian atau pengisian secara teratur.
  2. Panaskan mesin secara teratur, meskipun tidak digunakan, sama halnya dengan mesin pada kendaraan sebenarnya alat yang satu ini juga perlu untuk selalu dipanasi hidupkan selama beberapa menit untuk membuat kinerjanya tetap handal seperti sedia kala. Pemanasan ini juga sangat berguna untuk meningkatkan performanya.
  3. Ganti saringan udaranya secara rutin, penggantian lainnya adalah pada bagian saringan udara yang kotor, karena akan sangat menghambat kinerja dari mesin tersebut, untuk itu harus selalu diganti.
  4. Gunakan busi yang berkualitas, sumber kelistrikan utama yang dipakai untuk menghidupkan mesin tersebut, ketika busi sudah tak lagi mampu untuk menghidupkan mesin maka harus diganti dengan yang baru, karena artinya dayanya memang sudah habis. Pakailah juga produk yang berkualitas untuk menunjang keawetannya.
  5. Hindari penyimpanan di luar ruangan, sangat berpotensi menyebabkan mesin tersebut terkena air hujan, biasanya jika sudah demikian maka bahan bakar akan bercampur dengan air sehingga sulit digunakan, belum lagi masalah seperti halnya pengkaratan juga akan terjadi.

Itulah beberapa cara mudah merawat mesin potong rumput agar tahan lebih lama dipakai membersihkan rumput di halaman rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *