Lakukan Dulu 4 Pertimbangan Ini Baru Membeli Mesin Scanner

Lakukan Dulu 4 Pertimbangan Ini Baru Membeli Mesin Scanner

Menemukan mesin scanner yang tepat kemungkinan besar akan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda dan siapa saja. Mesin satu ini mampu berperan sama persis dengan mesin fotocopy hanya saja hasilnya lebih akurat dan jelas. Jika kebanyakan mesin duplikasi hanya memberikan format hitam putih maka untuk scanner akan menyesuaikan dengan tampilan dokumen yang dikerjakan. Semakin kesini teknologi yang disematkan dalam mesin satu ini semakin canggih bahkan hadir dalam versi portable sehingga ketika dipakai cukup digeserkan ke permukaan dokumen.

Pertimbangan Sebelum Membeli Scanner

Biasanya orang melakukan scanning untuk menjadikan file hardcopy menjadi softcopy dalam format digital sehingga bisa dikirimkan melalui email, website, dan sebagainya. Bagi Anda yang berencana membelinya untuk kepentingan usaha maka baiknya pertimbangkan dulu beberapa hal ini:

  • Ketahui ukuran dokumen yang sering dikerjakan,

Setiap scanner apapun jenisnya memiliki kapasitasnya sendiri dalam melakukan scanning, yakni dilihat dari ukuran kertas yang bisa dikerjakan. Nyaris semua scanner maksimal hanya mampu menscan dokumen dengan ukuran folio. Sementara untuk ukuran A3 ke atas dijamin butuh mesin khusus, maka penting memilih mesin yang sekiranya akan sering dipakai.

  • Berapa banyak dokumen yang akan digarap,

Selain memiliki ciri khas dari segi ukuran maksimal dokumen yang bisa dimasukkan ke dalam mesin scanner supaya bekerja optimal. Juga memerlukan pertimbangan dalam melihat kecepatan mesin tersebut bekerja. Memang untuk usaha skala awal tidak memerlukan mesin yang bisa bekerja super cepat namun lambat laun dijamin memerlukannya. Supaya arus modal mudah dikontrol maka sediakan yang kecepatannya standar dan ketika order semakin banyak baru beralih ke mesin yang lebih cepat.

Baca juga: Tipe Mesin Fotocopy yang Cocok untuk Usaha

  • Memperhatikan soal resolusi scanner,

Kalau Anda lebih sering menjumpai dokumen hitam putih tentu tidak perlu neko-neko dalam menyediakan scanner di tempat usaha. Sebab diproses dengan scanner yang resolusinya rendah sekalipun dijamin hasilnya tetap maksimal. Maka lihatlah permintaan konsumen, apabila seringnya hitam putih maka pilih scanner biasa namun jika sebaliknya maka pilih yang resolusinya tinggi. Sebab dokumen berwarna ketika discan akan membutuhkan resolusi terbaik supaya jelas dan kualitas warnanya tidak beda jauh dengan dokumen aslinya.

  • Menentukan jenis scanner sesuai kebutuhan,

Jenis dari scanner ini memang sangat beragam ada yang sifatnya portable ada yang photo scanner sehingga menscan dengan cara memotret dokumen. Melihat jenisnya yang beragam baiknya tidak buru-buru membeli yang paling canggih karena untuk usaha dijamin butuh mesin yang permanen tidak akan dipindahkan kemana-mana. Maka penting untuk mencari tahu mesin mana yang baik untuk mendukung usaha percetakan. Namun jika membutuhkan mesin scanner untuk keperluan pribadi bisa menimbang jenis portable supaya leluasa dibawa bepergian kemana-mana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *