Lakukan 4 Cara Ini Supaya Mesin Potong Kayu Anda Bisa Lebih Awet

Seorang tukang kayu akan membutuhkan keberadaan mesin potong kayu demi menunjang aktifitas pekerjaan hariannya. Mesin ini sesuai dengan namanya digunakan untuk memotong kayu yang tadinya masih berupa batang pohon menjadi lembaran papan. Bisa pula dipakai untuk memotong papan kayu yang dirasa terlalu panjang agar ukurannya lebih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Mesin ini memiliki komponen vital mata gergaji, sehingga cukup menekan tombol maka gergaji akan berputar sendiri dan pekerjaan memotong kayu lebih efisien dari segi tenaga dan waktu.

Merawat Mesin Pemotong Kayu

Supaya lebih awet dan menunjang pekerjaan tukang kayu secara optimal maka usahakan untuk memberi perawatan yang memadahi. Adapun bentuk perawatan yang perlu dilakukan antara lain:

Baca juga: Ini Dia Beragam Jenis Mesin Potong Kayu yang Perlu Anda Ketahui

  • Langsung dibersihkan usai digunakan,

Mata gergaji dan seluruh bagian mesin baiknya dibersihkan usai digunakan sebab sisa material yang masih menempel bisa memicu kerusakan. Selain itu ketika langsung dibersihkan maka ketika keesokan paginya saat hendak dipakai lagi tinggal dipasang ke bagian mesin. Tidak perlu terlalu lama membersihkan dulu supaya jam kerja yang dimiliki hasilnya lebih efisien.

  • Simpan dengan dibungkus plastik terlebih dahulu,

Mata gergaji dan bagian mesin potong kayu secara keseluruhan baiknya disimpan dengan cara dibungkus plastik terlebih dahulu. Jangan ditutup plastik melainkan dibungkus, sehingga keseluruhan mesin terlindungi plastik tersebut. Tujuannya untuk menghindari ada resiko gergaji patah atau tersenggol dan membuat luka serius bagi pelakunya. Selain itu untuk menghindari dijadikan mainan oleh anak-anak sebab mereka sering penasaran dengan benda di sekitarnya. Tentu berbahaya jika diletakan begitu saja tanpa pelindung atau pengaman meski hanya plastik.

  • Berikan cairan anti karat pada mata gergaji,

Sediakan cairan anti karat di rumah yang bisa dibeli di toko perkakas atau bahan bangunan, dan berikan cairan ini ke permukaan mata gergaji mesin. Sebab meski sering dipakai dan di asah kalau tidak diberi lapisan pelindung karat dijamin korosi tetap akan menyerang. Usahakan untuk rutin diberikan cairan ini, paling tidak seminggu sekali dan tidak harus diguyur bisa dilap tipis-tipis saja supaya hemat. Hasilnya tentu saja mata gergaji selalu mengkilap dan ketajamannya tahan lama.

  • Baiknya melepas mata gergaji setelah digunakan,

Supaya perlindungan dan perawatan yang diberikan lebih maksimal maka usahakan untuk melepas mata gergaji sehabis digunakan. Tujuannya untuk menghindari resiko mata gergaji patah tersenggol dinding atau tiang, maupun di tabrak orang dengan motor atau apapun. Sebab ketika mata gergaji masih terpasang otomatis membuat posisinya rentan untuk patah karena berbagai sebab. Dibanding menanggung resiko ini maka lepaskan saja, dijamin tidak butuh waktu lama apalagi jika sudah berpengalaman. Melalui langkah ini mesin potong kayu akan lebih awet dan meningkatkan kualitas pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *