Kompresor Cat untuk Hasil Pengecatan yang Maksimal

Kompresor Cat

Mengecat merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah terutama untuk orang awam. Sepertinya jika melihat orang mengecat, kegiatan tersebut terlihat mudah karena hanya mengoleskan kuas atau rol ke permukaan yang akan di cat. Namun ternyata dalam proses pengecatan ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk menghasilkan warna yang sempurna. antara mengecat dinding dan kayu atau besi memiliki tehnik berbeda-beda yang perlu dipelajari sebelumnya. Untuk tehnik pengecatan yang terakhir yaitu untuk besi, mengecat menggunakan kompresor cat merupakan cara yang paling baik untuk membuat warna terbaur sempurna.

Biasanya orang mengecat ke permukaan besi atau permukaan lain yang sempit menggunakan cat semprot kaleng saja. Namun hal tersebut tak menghasilkan warna yang maksimal karena pada umumnya cat kaleng yang beredar di Indonesia tak memiliki kualitas yang baik sebaik cat oles. Cat kaleng hanya menawarkan cara pengecatan yang lebih mudah yaitu dengan menyemprotkan ke lapisan permukaan benda lain sehingga bisa dilakukan dalam jarak yang lebih jauh. Namun untuk kualitas cat di dalam kaleng, banyak diakui tak sebaik cat besi atau kayu yang disediakan di dalam bentuk pot kaleng biasa.

Kompresor Cat

Untuk mengatasi hal tersebut, terdapat opsi lain dalam mengecat permukaan sempit atau mengecat jarak jauh yaitu dengan menggunakan kompresor. Kompresor di sini bukanlah jenis kompresor yang digunakan para tambal ban untuk mengisi angin ban kendaraan namun kompresor khusus yang memiliki dimensi lebih kecil dan daya semprot yang lebih kecil juga. Sering disebut kompresor cat, alat ini memiliki selang yang panjang namun tak sepanjang kompresor ban. Bentuknya pun lebih mini dan ringan sehingga bisa dikatakan sebagai kompresor portable. Tetapi ada juga para pengecat profesional yang menggunakan kompresor ban yang kemudian dihubungkan dengan spray gun atau paintbrush.

Kunci dari pengecatan menggunakan kompresor adalah cat yang bisa terlebih dahulu di mix sehingga memungkinkan pengecatnya memunculkan warna yang memang disukai. Mix cat diletakkan di kaleng tempat sparygun terlebih dahulu setelah diaduk sempurna. Anda juga bisa mencampurkan thinner untuk mengencerkan cat sehingga terjadi kekentalan yang diharapkan agar juga lebih mudah untuk di semprotkan oleh alat. Selain itu siapkan juga amplas untuk mengikis cat yang terlalu tebal pada media warna agar hasil pengecatan halus sempurna.

Jika Anda menggunakan kompresor ban, maka tekanan anginnya adalah konstan sesuai dengan type kompresor yang dimiliki. Dalam hal ini tekanan angin akan terhenti dan bertumpu di spray gun sehingga di sanalah Anda akan mengatur kekuatan angin yang keluar. Anda bisa mengecilkan atau membesarkan tekanan angin melalui spray gun untuk mendapatkan hasil cat yang diinginkan. Dengan menggunakan kompresor, tehnik pengecatan akan lebih detail sehingga bisa digunakan untuk mengecat body mobil, metal hingga hiasan yang bernilai mahal.

Untuk membeli sebuah kompresor cat atau juga sering disebut sebagai kompresor portable, Anda bisa memesannya di situs belanja online terpercaya. Harga dari kompresor portable sekitar Rp. 500 ribuan sehingga tak terlalu mahal jika dibandingkan dengan kompresor ban. Tetapi Anda juga bisa menggunakan kompresor ban dengan kekuatan angin yang disesuaikan. Harga dari kompresor ban sendiri bervariasi tergantung kekuatannya yang dimulai dari angka Rp 800 ribuan hingga Rp. 2,5 jutaan. Selain peralatan yang memadai, jiwa seni dalam diri Andalah yang menjadi penentu kualitas dari warna atau cat yang dihasilkan. Teruslah bereksplorasi untuk mendapatkan hasil yang semakin berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *