Kisaran Harga Mesin Pertanian dan Keunggulannya

Kisaran Harga Mesin Pertanian dan Keunggulannya

Indonesia merupakan sebuah negara agraria, dimana banyak penduduknya dikenal sebagai seorang petani. Selain itu hasil bumi dari negara Indonesia juga sangat melimpah ruah, sehingga sangatlah wajar jika banyak para petani yang terus memanfaatkan berbagai peluang untuk dapat bercocok tanam dan meraih keuntungan. Selain memperhatikan sistem penanaman, serta hasil panen berbagai hal terkait dengan kegiatan bertani, biasanya akan banyak dicari oleh para petani itu sendiri. Bagi Anda para petani yang memang ingin memperoleh sistem panen dan penanaman yang mudah dan cepat, berikut ini beberapa mesin pertanian dan harga mesin tersebut, yang mungkin dapat Anda manfaatkan sebagai sumber informasi.

 Kisaran Harga Mesin Pertanian dan Keunggulannya

  • Mesin traktor

Mesin pembajak sawah yang menjadi mesin canggih pengganti bajak tradisional bertenaga hewan ini, merupakan mesin otomatis yang digerakkan oleh tenaga mesin didalamnya. Kelebihan dari mesin yang satu ini tentunya selain akan lebih mempermudah sistem pembajakan sawah, juga akan lebih mempersingkat waktu yang dimiliki untuk melakukan kegiatan penggemburan sawah. Model dan harga dari traktor ini sangat beragam, dimana harga terendah mulai dari 8 jutaan rupiah dapat Anda gunakan.

  • Pompa irigasi

Alat pertanian modern ini berfungsi untuk melakukan penyedotan air pada saluran irigasi yang memang tidak dapat mengalir lancar, dimana air yang disedot ini, nantinya akan secara langsung disalurkan pada sawah yang telah ditanami padi. Alat pertanian modern ini sendiri dapat Anda temukan didesain dengan beberapa model, yang antara lain adalah mesin pompa bertenaga surya, mesin pompa bertenaga listrik dan mesin pompa bertenaga solar. Harga mesin pompa ini pun akan sangat beragam bergantung jenis yang Anda pilih. Untuk harga termurah biasanya akan dapat Anda temukan dijual dalam range 2 jutaan rupiah.

  • Mesin perontok padi

Mesin pertanian modern ini merupakan mesin yang didesain khusus untuk dapat memisahkan bulir pada yang telah dipanen dari batangnya. Mesin ini biasanya akan banyak kita temukan di sajikan dalam dua desain utama yaitu mesin otomatis dan mesin manual. Untuk mesin otomatis sendiri, tentunya akan memiliki harga yang lebih mahal, karena memang kepraktisan akan dapat Anda temukan didalamnya. Sedangkan untuk mesin manual, secara umum tenaga manusia akan lebih banyak digunakan, karena hasil pemisahan tidak langsung berbentuk beras, melainkan butiran gabah.

  Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Selain ketiga mesin otomatis tersebut, dalam dunia pertanian di Indonesia, para petani modern juga telah menggunakan berbagai jenis mesin pertanian canggih seperti mesin untuk menyemai padi ataupun mesin penanam padi. Meskipun harga mesin modern tersebut masih memiliki range yang tinggi, namun hal tersebut akan sebanding dengan kemudahan dan hematnya waktu serta tenaga untuk pengerjaan kegiatan pertanian yang dilakukan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *