Kipas Angin Pendingin Laptop

Kipas angin_cooling pad Laptop

Kipas angin pendingin laptop atau cooling pad adalah alat yang dipakai untuk menurunkan suhu laptop yang panas. Ada juga yang digunakan dengan tujuan mencegah laptop panas.  Saat ini banyak cooling pad yang modelnya bagus namun sebaiknya pilih cooling pad yang tepat sesuai dengan laptop Anda agar fungsi kipas dapat bekerja dengan maksimal. Berikut adalah tips bagaimana memilih cooling pad yang bagus sesuai dengan laptop Anda, simak ulasannya berikut ini:

Bisa Dipindahkan

Karena digunakan untuk laptop yang penggunaannya bisa dimanapun sama halnya ketika Anda memilih cooling pad sebaiknya yang bisa dipindah-pindahkan. Sehingga lebih praktis ketika Anda ingin berpindah tempat saat menggunakan laptop bisa sekalian memindahkan cooling padnya.

Tempatkan kipas tepat dibawah ventilasi laptop. Jadi sebelum Anda memilih kipas pastikan posisi kipasnya sesuai dengan lubang ventilasi laptop. Jika tidak pas maka cooling pad tidak lagi berfungsi mendinginkan karena udara tidak masuk ke dalam.

Ukuran dan Jumlah Kipas

Usahakan Anda memilih kipas angin yang ukurannya lebih besar dari laptop. Karena jika kipasnya lebih besar akan menghasilkan hembusan angin yang besar pula. Pilih cooling pad yang kipasnya lebih dari satu, karena kecepatan hembusan angin lebih besar. Untuk melihat kecepatan angin bisa dilihat spesifikasinya. Kode untuk menunjukkan kecepatan kipas adalah RPM.

Tingkat Kebisingan

Cooling pad yang mengeluarkan suara berisik bisa mengganggu konsentrasi saat Anda bekerja di depan laptop. Oleh sebab itu jika Anda tipe orang yang bekerja membutuhkan suasana yang senyap sebaiknya pilih kipas yang tidak mengeluarkan suara bising. Kode mengetahui tingkat kebisingan cooling pada adalah DBA.

Arah Kipas

Ada dua jenis arah kipas pada cooling pad, ada yang arahnya ke dalam yaitu kearah atas menghasilkan hembusan ke dalam dan arah keluar yaitu kebawah yang akan menyerap panas dan mengeluarkannya ke bawah. Arah yang dihasilkan kipas terebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Arah ke dalam memiliki kelebihan cepat mendinginkan laptop yang sudah panas karena anginnya langsung masuk ke dalam laptop. Namun kekurangannya debu atau kotoran lebih mudah masuk ke dalam laptop.

Sedangkan kipas yang arahnya ke dalam kelebihannya tidak mudah menyerap debu dan kotoran sedangkan kelemahannya kurang efektif mendinginkan laptop karena angin tidak masuk ke dalam melainkan hanya membantu mengeluarkan panas ke bawah laptop.

Bahan yang Digunakan

Pilihan terbaik kipas untuk laptop adalah yang bahannya metal, besi atau aluminium dibandingkan yang bahannya plastic. Karena bahan logam lebih cepat menyerap panas dibandingkan plastic. Namun harga kipas yang bahannya metal lebih mahal dibandingkan plastic.

Demikian tips memilih cooling pad atau kipas angin khusus laptop yang bisa merawat laptop Anda lebih awet dan menjaga performanya. Mudah-mudahan tips tersebut dapat membantu Anda memilih Cooling Pada yang tepat. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *