Keuntungan Menggunakan Mesin Pemanas Air Tenaga Surya

hargamesin.org-mesin pemanas airMenggunakan mesin pemanas air tenaga surya atau solar water heater memiliki lebih banyak keuntungan daripada jenis pemanas air lain yang saat ini beredar di pasaran. Namun, karena harga dan biaya pemasangan yang lebih mahal daripada water heater listrik atau gas, membuat pemanas air tenaga surya umumnya diminati oleh kalangan masyarakat menengah ke atas. Padahal, jika dikaji lebih dalam, solar water heater akan memberikan lebih banyak keuntungan, mulai dari faktor efisiensi, keamanan, hingga dampak terhadap lingkungan.

  • Sumber energi gratis sepanjang tahun

Sesuai dengan namanya, mesin pemanas air ini memanaskan air dengan menggunakan energi panas matahari yang ditangkap melalui panel surya yang kemudian disimpan di dalam sebuah tabung untuk dialirkan ke seluruh jaringan instalasi pipa dalam rumah Anda.

Karena Indonesia berada pada daerah khatulistiwa dan beriklim tropis, masyarakatnya akan mendapatkan paparan sinar matahari sepanjang tahun. Ini tentu sangat menguntungkan untuk penggunaan mesin pemanas air tenaga surya. Dalam cuaca dingin, misalnya saat musim hujan, dan saat sinar matahari tidak bisa didapatkan, pemanas air tenaga surya ini masih bisa memanaskan air dengan daya listrik cadangan.

  • Lebih ekonomis

Karena hanya menggunakan listrik pada saat tertentu, tagihan biaya listrik untuk mesin pemanas air tenaga surya pasti akan lebih kecil daripada pemanas air listrik. Di sisi lain, investasi awal mesin ini tergolong besar karena biaya pemasangan dan harganya tergolong mahal. Namun, distributor biasanya memberikan garansi panjang, bahkan hingga 8 tahun. Dalam rentang waktu ini,  pemanas air listrik atau gas biasanya sudah mengalami kerusakan, bahkan banyak yang sudah menggantinya hingga beberapa kali.  Dengan demikian, biaya keseluruhan pemanas air listrik/gas, termasuk tagihan listrik per bulan, pada akhirnya tetap lebih besar daripada pemanas air tenaga surya.

  • Ramah lingkungan dan aman

Karena memanfaatkan energi panas matahari yang alami, mesin pemanas air tenaga surya tidak akan menghasilkan sisa proses pemanasan seperti asap ataupun zat polutan berbahaya lainnya.

Lain halnya dengan pemanas air listrik dan gas. Keduanya akan menghasilkan karbon dioksida sebagai sisa proses pemanasan. Selain itu, ada risiko kebocoran yang sangat membahayakan. Arus listrik dapat merambat melalui air. Jika terjadi korsleting, jika tidak segera diketahui oleh pemiliknya, dapat memicu kebakaran. Sementara itu, pemanas air model gas sudah pasti akan menghasilkan asap pembakaran. Apalagi, bila terjadi kebocoran pipa gas, risiko kebakaran dan ledakan akan lebih besar.

Dari ulasan singkat tentang keuntungannya, mesin pemanas air tenaga surya jelas lebih aman, hemat, serta minim risiko. Bahkan, solar water heater sudah lolos dari uji emisi standar ISO di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *