Ketahui Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Sebelum Memilih

Ketahui Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Sebelum Memilih

Bagi Anda pecinta otomotif, pasti sudah sering mendengar istilah komponen-komponen yang ada di dalamnya. Tak jarang, banyak yang bisa mengotak-atik mesin yang dimilikinya terutama kendaraan. Salah satu yang umum diketahui adalah mesin pembakaran yang ada di kendaraan Anda baik di dalam mobil maupun motor. Istilah mesin diesel dan mesin bensin tentunya bukan hal yang asing lagi. Lantas bagi Anda yang masih awam dan baru masuk di dunia otomotif, mungkin belum terlalu paham seperti apa mesin-mesin pembakaran yang satu ini. Berikut ulasan mengenai keduanya:

Ketahui Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Sebelum Memilih

Persamaan Mesin diesel dan Mesin Bensin

Kedua mesin ini yaitu mesin diesel dan bensin merupakan salah satu komponen otomotif yang berfungsi melakukan pembakaran dalam atau internal combustion engine. Mesin-mesin ini sama-sama memiliki keseragaman dari hal kinerjanya. Secara umum, cara kerja kedua mesin ini terdiri dari empat langkah yaitu langkah isap, langkah kompresi, langkah tenaga atau usaha, dan yang terakhir adalah langkah buang.

Perbedaan Mesin

Ada beberapa berbedaan dari kedua mesin ini, antara lain:

  • Bahan Bakar

Mesin bensin menggunakan bahan bakar yang mudah menguap dan terbakar, sehingga saat penggunaan jauhkan dari adanya percikan api atau jangan sampai menimbulkan percikan api karena hal ini akan sangat membahayakan. Sedangkan untuk mesin dengan diesel menggunakan bahan bakar dengan karakteristik yang tidak mudah menguap sehingga aman ketika ada percikan api.

  • Langkah Penghisapan Mesin

Untuk langkah penghisapan pada mesin diesel terdapat katup masuk atau intake valve yang akan mengalirkan udara bersih masuk ke dalam ruang bakar. Untuk langkah penghisapan mesin dengan bensin pada salurannya akan mengalirkan campuran udara dan bensin

  • Langkah Kompresi

Pada mesin pembakaran baik diesel maupun bensin keduanya menggunakan tekanan sebagai salah satu cara kerjanya. Pada mesin dengan bensin, tekanan atau yang dipadatkan adalah campuran dari bahan bakar dan udara. Sedangkan pada diesel yang mendapatkan tekanan hanyalah udara.

  • Rasio Kompresi

Untuk kompresi atau tekanan pada kedua mesin ini, lebih kuat dan lebih tinggi mesin diesel dibandingkan dengan mesin bensin.

Baca juga Daftar Harga Sebelum Membeli Mesin Diesel

  • Langkah Kerja Mesin

Langkah pembakaran dari kedua mesin ini cukup berbeda. Pada mesin bensin, pembakaran dilakukan oleh busi. Kompresi dari campuran udara dan bensin akan dibakar menggunakan percikan api yang didapatkan dari busi. Sedangkan pada mesin diesel, proses pembakaran setelah kompresi berlangsung tanpa menggunakan busi. Udara yang sudah dikompresi dengan suhu dan tekanan tinggi selanjutnya akan disemprot kabut dari bahan bakar mesin melalui injektor yang ada di dalamnya. Tekanan udara yang bertemu dengan kabut tersebut akan menimbulkan ledakan yang mendorong piston menuju ke bawah dan menghasilkan tenaga untuk memutar kruk as. Cara kerja tersebut membuat banyak orang yang menyebutnya sebagai compression ignition engine. Untuk mesin bensin, ia juga disebut sebagai spark ignition engine.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *