Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya

Mesin jahit memang memiliki peran yang sangatlah penting bagi seseorang yang berprofesi sebagai penjahit. Banyak kesalahan-kesalahan yang sering kali terjadi yang dapat menjadikan mesin Anda mengalami kerusakan. Meskipun kerusakan itu sendiri tidak terlalu parah dan tidak harus membawanya ke tukang service, namun sekecil apa pun kendala yang terjadi tentunya hal ini pun juga dapat menjadikan pekerjaan Anda terganggu dan pekerjaan Anda pun tidak akan segera terselesaikan.

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Mesin Jahit dan Cara Mengatasinya

Karena mengingat bahwa mesin untuk menjahit memiliki peran yang sangatlah penting, maka alangkah baiknya jika Anda tidak gugup atau merasa khawatir akan hal yang terjadi, karena Anda dapat untuk mengatasinya dengan cara yang mudah asalkan kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah, karena apabila ada kerusakan yang lebih besar ini pun tentunya juga akan membutuhkan tukang service untuk memperbaikinya.

Berikut ini ada beberapa kerusakan kecil yang sering kali pada mesin jahit yang Anda gunakan serta penyebabnya, yaitu sebagai berikut ini:

  • Sering kali berbunyi pada saat dijalankan.

Penyebab: Kemungkinan rumah skoci kotor atau ada sisa benang, bisa jadi karena kurangnya pelumas.

  • Jarum jahit sering patah.

Penyebab: Jarum bengkok, kedudukan jarum juga tidak benar, pada saat menjahit bahan tertarik atau bisa juga karena jarum yang terlalu halus.

  • Benang mudah putus.

Penyebab: Tegangan benang terlalu keras, benang sudah terlalu lama, jarum bengkok atau tumpul, benang lebih besar untuk lubang jarum, jarum juga terlalu halus untuk jenis bahan yang dijahit.

  • Jahitan melompat.

Penyebab: Jarum bengkok atau tumpul, jarum terlalu kecil, kedudukan jarum yang tidak benar, pemasangan benang atas yang kurang sesuai, tegangan benang yang tidak sesuai.

  • Jahitan benang yang berkerut.

Penyebab: Tusukan jahitan yang terlalu besar, tegangan pada benang yang terlalu keras, benang yang terlalu kaku.

Itulah beberapa kendala yang sering kali dialami banyak orang yang memang menjadikan pekerjaannya tidak dapat terselesaikan dengan cepat. Sedangkan bagi sebagian masyarakat yang terbiasa menjahit tentunya hal semacam ini tidak menjadi suatu kendala yang besar karena dapat mengatasinya, namun untuk sebagian orang yang tidak terbiasa menjahit dan mengalami kendala semacam itu tentunya juga bingung dalam mengatasinya.

Baca juga Menilik Kelebihan dari Mesin Jahit Portable di Era Masa Kini

Segala pekerjaan memang tidak akan ada yang namanya lancar atau mulus karena segala jenis pekerjaan akan terdapat gangguan atau kendala, seperti seorang penjahit yang tidak akan awam dengan kendala-kendala yang sering kali terjadi pada mesin jahit seperti pada kendala yang ada di atas, dengan begitu maka Anda pun tidak perlu merasa khawatir lagi pada saat mengalami kendala seperti yang ada di atas karena masih ada cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *