Kerusakan yang Sering Kali Terjadi Pada Pompa Air

Kerusakan yang Sering Kali Terjadi Pada Pompa Air

Pompa air memang menjadi barang yang sangat penting di dalam rumah tangga. Walaupun jangkauan pada layanan air bersih yang berasal dari pemerintah untuk saat ini sudah menjangkau sampai dengan sudut pemukiman yang terpencil. Sedangkan semakin pesatnya pada tingkat pertumbuhan penduduk maka akan secara otomatis juga hal ini akan mempengaruhi pada peningkatan dari kebutuhan supply air bersih yang akan dikonsumsi dan sesuai dengan kebutuhan yang lainnya.

Kerusakan yang Sering Kali Terjadi Pada Pompa Air

Sedangkan untuk layanan air bersih yang telah di kelola oleh perusahaan pun juga telah di distribusikan kepada para penduduk dan hal ini pun juga tidak menutup kemungkinan mengalami banyak hal seperti saluran yang pecah, sehingga menyebabkan air macet sampai berjam-jam atau bahkan hingga berhari-hari. Sedangkan untuk memiliki sumber untuk air cadangan selain untuk penyimpanan air bersih atau tandon air, maka Anda harus melakukan antisipasi dengan cara menggunakan pompa sumur. Dengan begitu maka pada saat suplay untuk air bersih mengalami permasalahan, maka Anda masih dapat menggunakan air bersih.

Untuk pemanfaatan pompa listrik untuk saat ini tidak hanya pompa yang berasal dari sumur saja, akan tetapi juga dapat digunakan untuk kebutuhan keseharian. Karena pentingnya peran dari pompa air ini, maka sangat penting untuk memperhatikan pada performa dari mesin pompa itu sendiri. Khususnya menjaga pompa agar terhindarkan dari yang namanya kerusakan. Sedangkan kerusakan yang sering kali terjadi pada mesin ini pun juga dapat Anda ketahui melalui ulasan berikut ini, yaitu:

  • Pompa mati total.

Pompa yang mengalami mati total ini disebabkan karena tidak adanya aliran listrik yang masuk dalam pompa. Cara mengatasinya yaitu dengan cara mengeceknya menggunakan tespen untuk memastikan apakah ada aliran listrik yang ada di dalamnya maupun tidak.

  • Pompa Hidup namun suara tidak seperti biasanya.

Suara pompa yang tidak seperti biasanya, seperti berdengung maupun as tidak dapat berputar, hal ini pun juga sering kali terjadi, cara mengatasinya yaitu dengan cara mengecek capasitornya untuk mengetahui apakah ada komponen yang melemah atau bahkan mati. Sedangkan untuk kerusakan ini pun dapat menyebabkan ledakan.

  • Pompa hidup namun air tidak keluar.

Kerusakan ini kemungkinan pada bagian Foot Klep di pipa hisap mengalami kebocoran, hal ini dikarenakan karet foot klep mengalami aus atau bahkan terganjal pasir.

Baca juga Pompa Air Kebutuhan Penting Rumah Tangga

Dengan mengetahui beberapa kendala atau permasalahan yang sering kali terjadi pada pompa air yang ada di atas, maka Anda pun juga bisa untuk mengetahui cara dalam mengatasinya, dengan begitu maka Anda tidak perlu merasa khawatir lagi pada saat pompa di rumah Anda mengalami kerusakan, karena masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan dengan cara yang sangatlah mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *