Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Mesin Jahit Portable

Mesin jahit portable adalah mesin jahit yang ukurannya kecil dan multifungsi bisa digunakan untuk jahit pakaian atau produk desain baju yang lain. Sama seperti mesin jahit yang ukurannya besar, mesin yang portable juga tersedia dalam berbagai merk, seperti: Janomere, Brother, Juki, Singer, Butterfly, Messina, Elna dan Yamata.

baca juga: RAGAM PILIHAN MESIN JAHIT PORTABLE

Kelebihan Mesin Portable

Kelebihan mesin jahit portable adalah selain desainnya menarik, juga memiliki fungsi yang lengkap. Desainnya terlihat lebih modern dibandingkan dengan mesin yang manual. Hanya dengan satu mesin, pengguna bisa mendapatkan banyak pola jahitan biasanya terdiri dari 7 sampai 8 pola jahit, bahkan ada yang lebih.

Selain itu cara menggunakannya sangat mudah dibandingkan dengan mesin yang manual dengan cara dikayuh. Mesin jahit ini umumnya dibekali sejumlah kemampuan khusus, seperti: membuat lubang kancing, mesin obras, jahit zigzag dan membuat bordir manual. Karena ringan dan kecil, mesin ini mudah dibawa dan dipindahkan kemanapun.

Kelebihan lainnya adalah dari segi ukuran yang relatif ramping sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat. Bahkan mesin jahit ini bisa dipindahkan dengan mudah tanpa repot. Jadi tidak heran jika mesin portable dianggap sebagai mesin untuk menjahit yang simple, efektif dan efisien digunakan untuk industry kecil dan kebutuhan rumah tangga.

Cocok digunakan oleh para pemula bahkan anak-anak, karena mudah dioperasikan dan digunakan dengan praktis dan bisa dijadikan peralatan untuk belajar menjahit.

Kekurangan Mesin Portable

Seperti halnya peralatan lainnya mesin untuk jahit pakaian portable juga memiliki kekurangan. Dengan mengetahui kekuarangan pada mesin, diharapkan pengguna bisa mencegah dan mengantisipasi untuk mencegah terjadinya masalah atau jika sudah terjadi masalah.

Kekurangan mesin portable yang pertama adalah bahannya tidak semua terbuat dari rangka besi sehingga lebih rentah jika terkena benturan. Selain itu mesin untuk menjalankannya tergantung pada aliran listrik, jadi jika listrik padam otomatis mesin jahit tidak dapat digunakan.

Namun Seiring perkembangan teknologi, sekarang banyak jenis mesin portable yang bisa digunakan dengan listrik dan baterai sehingga pengguna tidak akan bingung dan repot ketika mati listrik. Jadi pengguna tidak perlu khwatir jika tidak ada jangkauan listrik, karena mesin ini bisa memanfaatkan sumber daya dynamo ataupun baterai tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Sayangnya mesin ini agak sulit digunakan untuk menjahit beberapa macam jenis kain dengan tekstur dan karakteristik tertentu, salah satunya adalah kain yang sifatnya stetch. Kekurangan lainnya adalah kurang cocok jika digunakan untuk perlengkapan menjahit bisnis konveksi yang besar.

Demikian informasi mengenai kekurangan dan kelebihan mesin jahit portable. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar mesin menjahit kain yang praktis, efisien dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *