Kenali 4 Gejala Ini Jika Motor Anda Turun Mesin

Kenali 4 Gejala Ini Jika Motor Anda Turun Mesin

Punya motor memang menguntungkan sebab fungsional namun bagaimana jika harus turun mesin? Tentunya Anda perlu menyiapkan dana yang memadahi jika keputusan ini harus diambil, sebab mengganti mesin utama dengan yang baru. Harga mesin ini tentu mencapai jutaan ditambah lagi dengan biaya jasa mekanik yang menanganinya tentu harus diperhitungkan dengan seksama. Biasanya motor yang sudah cukup tua dan sudah menyentuh masa pakai mencapai belasan tahun akan mengalami kondisi ini. Jadi jauh-jauh hari pemiliknya harus menyiapkan diri jika benar-benar terjadi. 

Kenali 4 Gejala Ini Jika Motor Anda Turun Mesin

Namun tak perlu buru-buru harus ganti mesin karena pada beberapa kondisi meski motor tua dijamin masih bisa digunakan sebagaimana mestinya. Keputusan ganti mesin dilakukan apabila motor kesayangan memperlihatkan gejala berikut: 

  • Setiap pagi susah distarter,

Gejala awal yang sering muncul jika mesin motor turun adalah susah untuk distarter terutama di pagi hari sebab kondisi mesin masih dingin. Jika mesin motor normal cukup distarter sekali dan sudah siap dipanaskan dan dipakai maka jika sudah mesin turun perlu distarter lebih dari empat kali. Kondisi semakin parah manakala mesin susah distarter setiap saat sehingga tak hanya di waktu pagi.

  • Oli mesin sering cepat habis,

Oli pada mesin motor diperlukan untuk melumasi semua komponen yang bergesekan agar tidak mudah aus ataupun berkarat. Oli ini perlu diganti secara berkala untuk merawat komponen vital di dalam mesin, namun pada kondisi turun mesin maka oli ini cenderung mudah kering. bagaimana mengetahuinya? Yakni dengan memeriksa kadar oli mesin tersebut jika berada di bawah batas normal artinya kondisi mesin sudah abnormal dan ada indikasi mesin turun.

  • Knalpot mengeluarkan asap putih,

Knalpot ternyata menjadi bagian di dalam motor yang bisa menentukan kondisi mesin apakah sehat atau ada masalah. Entah berisik atau mengeluarkan asap dijamin ada yang eror, kecuali untuk motor 2 tak keluarnya asap putih berasal dari oli samping dan itu normal. Berbeda jika motor 4 tak malah knalpotnya berisik atau muncul asap putih maka ada indikasi mesin sudah turun. Baiknya segera dicek di bengkel langganan dan segera ditangani agar kerusakan tidak semakin parah.

Baca juga: Wajib Tau Ini 4 Manfaat Melakukan Service Mesin Secara Berkala

  • Motor tak memiliki tenaga maksimal,

Motor merupakan kendaraan bermesin yang bisa menahan beban nyaris lima kali dari bobot motor tersebut, bahkan bisa lebih. Namun jika motor melintasi jalanan menanjak atau dipakai mengangkat beban berat dan tidak bisa melaju kencang meski gas sudah dioptimalkan. Tandanya mesin mengalami error dan kemungkinan besar mesin sudah turun sehingga perlu penanganan yang lebih intensif. Silahkan ke bengkel terpercaya untuk pemeriksaan turun mesin dan memberi penanganan yang tepat sesuai kondisi motor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *