Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel yang Perlu Anda Ketahui

Dunia permesinan saat ini memang sudah sangat canggih. Hal ini tentu sudah menjadi efek dari perkembangan teknologi. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis mesin di dunia. Salah satu jenis mesin yang banyak dipakai adalah mesin diesel. Mesin yang satu ini tentu biasa ditemukan di dalam mobil karena umumnya ada dua jenis mesin di mobil yakni dengan tenaga diesel atau tenaga bensin. Mesin bertenaga diesel sendiri memang kerapkali jadi pilihan meski tak sedikit juga yang lebih memilih mesin dengan tenaga bensin.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel yang Perlu Anda Ketahui

Untuk bisa mempertimbangkan apakah ingin membeli mesin dengan tenaga diesel atau mesin tenaga bensin, maka berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari mesin dengan tenaga diesel yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Kelebihan mesin dengan tenaga diesel

Untuk kelebihan yang ada di mesin dengan tenaga diesel yakni dari segi ekonimisnya bahan bakar. Biasanya untuk mesin dengan tenaga diesel bisa memberikan 25 hingga maksimal 30 persen jarak tempuh bahan bakar yang lebih baik jika dibanding mesin bensin. Selain itu mesin dengan tenaga diesel pun mampu memberi penghematan bahan bakar dibanding dengan hibrida bensin namun tergantung dari model dan pengembangan mesinnya juga. Kelebihan lainnya yang ada di mesin dengan tenaga diesel yakni bahan bakar diesel menjadi bahan bakar yang efisien dimana efisiensi mesin dengan tenaga diesel pun akan lebih baik dibanding mesin bensin. Biasanya untuk mesin bensin, pemiliknya seringkali bingung dengan busi. Namun lain halnya dengan mesin dengan tenaga diesel dimana tak butuh perawatan dan juga ganti pengapian. Umumnya mesin diesel pun dibangun dengan lebih kuat sehingga bisa tahan pada kompresi tinggi.

  • Kekurangan mesin dengan tenaga diesel

Meski solar banyak dianggap lebih efisien lantaran bisa mengubah panas jadi energi, namun akselerasi mesin dengan tenaga diesel memang bisa dibilang masih kalah dibanding mesin bensin. Untuk perumpamaannya saja, mesin bensin bisa dibilang kuda pacuan yang cepat dan mesin dengan tenaga diesel cenderung mirip kuda pengangkut yang lebih lambat namun tahan lama. Selain itu mesin dengan tenaga diesel pun masih tetap butuh perawatan rutin misalnya dengan mengganti oli dan juga filter bahan bakarnya. Apabila Anda abai pada pemeliharannya dan juga pada sistem injeksinya, maka harga yang dibayar pun akan lebih besar dibanding mesin bensin.

Baca juga Keunggulan Mesin Diesel yang Disematkan Pada Kendaraan

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan yang ada di mesin diesel pada mobil, maka kini Anda pun akan bisa lebih mudah untuk memutuskan akan memilih mesin dengan tenaga diesel atau tenaga bensin. Secara obyektif sesungguhnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun semuanya kembali ke kebutuhan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *