Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kompor Listrik

Salah satu alat rumah tangga yang keberadaannya sangat penting adalah kompor. Kompor merupakan salah satu benda yang dimanfaatkan setiap hari dan menunjang kebutuhan makan seluruh anggota keluarga. Karena begitu pentingnya keberadaan kompor, maka memilih kompor terbaik merupakan sesuatu yang sudah semestinya dilakukan agar dapur tetap mengepul. Terdapat banyak sekali jenis kompor yang dimanfaatkan dalam rumah tangga, mulai dari yang bertenaga minyak hingga gas. Belakangan ini, terdapat salah satu jenis kompor yang cukup diminati di kalangan ibu rumah tangga karena dianggap lebih simpel, yaitu kompor yang mengandalkan tenaga listrik. Namun, tidak semua ibu rumah tangga mau memanfaatkan kompor bertenaga listrik karena berbagai alasan, mulai dari alasan keamanan hingga masalah biaya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan kompor listrik agar para ibu rumah tangga memiliki pertimbangan tentang jenis kompor terbaik untuk digunakan.

Kelebihan

Salah satu alasan ibu rumah tangga menggunakan kompor listrik adalah karena dinilai lebih aman. Berbeda dengan kompor gas yang memiliki risiko bocor dan kebakaran, kompor bertenaga listrik anti bocor, tidak berbau gas atau menyengat, juga lebih simpel dan ringkas karena hanya memanfaatkan kabel. Kelebihan lain dari kompor dengan tenaga listrik adalah lebih hemat energi dan lebih hemat beaya. Daya listrik yang dibutuhkan tidak terlalu besar, bahkan tidak lebih besar dari daya yang dibutuhkan untuk kulkas atau setrika sekalipun.

Kelemahan

Salah satu kelemahan terbesar dari kompor yang mengandalkan tenaga kistrik adalah ketika listrik sedang mati. Mati lampu ketika sedang memasak tentu akan sangat mengganggu. Selain itu, jika memilih merk kompor yang tidak tepat, seringkali daya yang dibutuhkan akan sangat besar, sehingga dapat membebani biaya listrik bulanan.

Memilih Kompor Tenaga Listrik yang Bagus

Jika Anda telah menjatuhkan pilihan untuk menggunakan kompor bertenaga listrik, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Pertama, jangan memilih kompor yang desainnya mencolok. Pilihlah kompor bertenaga listrik yang desainnya minimalis. Perhatikan juga ukuran kompor, dan sesuaikan dengan ruangan di mana Anda akan meletakkan kompor tersebut. Pertimbangan lain terkait desain kompor adalah seberapa sering Anda akan memanfaatkan kompor tersebut. Jika cukup sering, gunakanlah kompor dengan dua tungku, Namun jika Anda tidak terlalu sering memasak, atau hanya memasak dalam porsi kecil dua kali sehari, menggunakan kompor satu tungku akan lebih menghemat energi.

Kedua, perhatikan keamanan kompor. Kompor bertenaga listrik tentu difasilitasi dengan kabel-kabel listrik dan berbagai komponen lain untuk menunjang penggunaan kompor tersebut. Perhatikan fitur yang ditawarkan kompor tersebut, dan pilihlah yang paling aman, misalnya, ketebalan kabel, difasilitasi dengan anti tegangan listrik, ada pengatur arusnya, dan fitur pengaman lainnya. Memilih kompor listrik yang dilengkapi dengan timer dan pengaturan panas sangat disarankan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *