Kapan Waktunya Mengganti Peralatan Rumah Tangga dengan yang Baru?

hargamesin.org-peralatan rumah tangga

Memiliki sebuah rumah tentunya Anda tak hanya menjadikannya sebagai tempat untuk beristirahat saja, melainkan juga melakukan berbagai aktivitas di dalamnya, mulai dari memenuhi kebutuhan untuk makan dan kepentingan yang lainnya. untuk itu rak heran jika yang dibutuhkan bukan hanya sebuah bangunan kosong melainkan juga berbagai jenis peralatan rumah tangga di dalamnya, guna mempermudah semua pekerjaan Anda, mulai dari alat elektronik hingga jenis yang sekecil apapun semuanya memiliki manfaat yang sangat besar.

Namun ada kalanya diantara Anda yang mungkin hanya sekedar menjaga kebersihan dan juga keawetannya tanpa tau bahwa sebenarnya ada beberapa jenis alat yang masa pakaiannya sudah habis dan harus diganti dengan yang baru bukan. Patut untuk diketahui bahwa alat di dalam rumah baik itu perangkat elektronik atau yang lainnya sama halnya dengan makanan yang memiliki masa kadaluarsa, ia harus diganti meski masih dalam kondisi yang baik, alasannya berhubungan dengan kesehatan penggunanya sendiri.

Diantaranya banyaknya jenis peralatan rumah tangga yang ada nyatanya ada beberapa diantara ibu yang jarang menggantinya dengan alasan kondisinya masih bagus, padahal ia sudah masuk dalam kategori yang tak layak lagi untuk digunakan. Berikut ini setidaknya masa ganti alat rumah tangga tersebut untuk beragam itemnya, yaitu:

Baca juga: JENIS-JENIS PERLENGKAPAN RUMAH TANGGA UNTUK DAPUR BERSIH

  1. Kulkas, tentunya Anda sendiri sudah sangat tak asing dengan perangkat elektronik yang fungsi utamanya adakah ditujukan untuk menyimpan beragam jenis bahan makanan agar tetap segar tersebut, benda yang satu ini memiliki masa kadaluarsa memang hingga 30 tahun mendatang, namun jika sudah menginjak usia 15 tahun alangkah baiknya bagi Anda untuk mengganti dengan yang baru, karena fungsinya sudah tak sama seperti yang dulu, selain itu manfaat lain, khususnya untuk sterilkan bahan makanan sudah jauh menurun.
  2. Rice cooker, perangkat yang digunakan untuk membuat nasi ini memiliki tenggang waktu sebatas 5 tahun saja, namun jika sudah terlihat beberapa gejala seperti wadah bagian dalamnya mulai mengelupas, maka sebenarnya Anda dituntut untuk menggantinya sesegera mungkin, karena ditakutkan bahan kimia yang mengelupas tersebut akan ikut termakan.
  3. Mesin cuci dan pengering, pada awal-awal penggunaan performa dari mesin yang satu ini pastinya tak perlu dipertanyakan lagi, ia dalam kondisi yang sangat baik dan dapat bekerja secara optimal, namun memasuki masa 10 tahun penggunaan terkadang membutuhkan waktu yang lebih lama dalam membersihkan pakaian Anda, sudah saatnya mengganti dengan yang baru.
  4. Kompor, bagi yang masih menggunakan kompor gas setidaknya wajib melakukan pemeriksaan secara berkala, apalagi jika biasa digunakan untuk membuat beban yang cukup berat, ia harus diganti setidaknya 5 tahun.
  5. Oven, tak jauh berbeda dengan kompor meskipun oven jarang digunakan, namun ia harus diganti secara berkala agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Sebenarnya alat yang satu ini bis digunakan hingga 20 tahun, namun perawatan juga harus dilakukan dengan benar.
  6. Piring dan sendok, bergantung pada bahan juga, utamanya stainless menjadi yang paling renta terhadap karat sehingga harus diganti secara teratur, namun bahan-bahan lain seperti plastik bisa tahan jauh lebih lama.

 Mengganti peralatan rumah tangga secara berkala sebenarnya wajib, karena berhubungan dengan kesehatan Anda juga pada saat menggunakannya. Namun ada kalanya juga produk yang hanya bertahan beberapa tahun setelah pembelian, sebaiknya selektif dalam memilih untuk dapatkan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *