Jenis Vacuum Cleaner yang Terbaru Tahun 2018

Jenis Vacuum Cleaner yang Terbaru Tahun 2018

Vacuum cleaner atau bisasa disebut dengan alat penyedot debu merupakan salah satu alat pembersih rumah tangga. Alat ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan dalam membantu mempermudah pekerjaan rumah tangga Anda.

Jenis Vacuum Cleaner yang Terbaru Tahun 2018

Seiring berkembangnya zaman, vacuum cleaner memiliki berbagai jenis yang tentunya sangat praktis jika digunakan. Berikut ini jenis-jenis alat penyedot debu yang ada saat ini.

  • Upright

Upright memiliki desain yang cocok untuk membersihkan ruangan lapang tanpa banyak adanya perabot karena berbentuk sederhana dan punya corong penghisap lebar di bagian bawah. Jenis ini biasa dipakai untuk membersihkan lantai ruangan yang berlapisankan karpet, karena semua bagian menyatu, mulai dari penghisap yang ada dibagian paling bawah dan menempel dengan lantai, bagian penyaring serta pegangan untuk mengarahkan bagian mana yang perlu dibersihkan.

  • Canister

Casnister ini cukup fleksibel, berbeda dengan jenis Upright yang tidak memiliki pipa sebagai penyedot supaya mempermudahkan bagian tersembunyi untuk dibersihkan.

Baca juga: Ragam Pilihan Mesin Penyedot Debu

  • Drum

Vacuum cleaner tipe ini juga memiliki tingkat fleksibilitas jangkauan yang sama dengan canister, hanya saja bentuk tabung sebagai tempat untuk menyaring debu menyerupai bentuk sebuah drum tetapi memiliki ukuran yang kecil.

  • Dry atau Wet

Untuk alat penyedot debu jenis ini juga menyerupai bentuk yang mirip dengan alat hisap canister dan drum, hanya saja teknologi yang didapat oleh jenis ini berkemampuan menghisap lebih kuat atau dapat dioperasikan saat keadaan kering atau basah. Karena bagian filternya telah dilengkapi teknologi sedemikian rupa supaya lebih kuat dibandingkan dengan jenis lain yang hanya mampu menghisap kotoran pada lantai disaat kering saja.

  • Pneumatic

Jenis ini memiliki kemiripan dengan Wet/Dry karena memiliki kemampuan menghisap kotoran atau debu ketika lantai sedang basah atau kering.

  • Backpack

Dilihat dari namanya, jenis ini merupakan jenis portable yang dapat digendong belakang tanpa memakai kabel. Pada umumnya alat penyedot debu jenis ini dipakai oleh jasa pembersih rumah yang mampu membersihkan semua sudut rumah mulai dari lantai sampai eternity.

  • Hand-held

Vacuum cleaner jenis ini paling banyak disukai, dimana alat ini mampu membersihkan sudut sempit dan tak terjangkau karena memiliki ukuran yang kecil dan mudah dijinjing atau dipindah ketika membersihkan. Namun daya hisap yang dimiliki jenis ini tidak sekuat alat penyedot debu jenis canister, pneumatic atau drum.

  • Cyclonic

Jenis ini juga sangat canggih, karena memiliki sistem penghisap yang berbeda dibandingkan penghisap debu konvensional. Sistem kerja mekanisnya memiliki teknologi yang mereduksi partikel debu menjadi lebih sedikit kotoran yang tersaring. Tetapu jenis ini jarang digunakan, karena terkendala harga yang cukup mahal.

Selain jenis-jenis diatas yang telah disebutkan, masih ada banyak jenis vacuum cleaner seperti Central Bult-In, Constellation, dan Robotic. Jenis yang berbeda tentunya juga memberikan fungsi yang berbeda pula. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *