Jenis Polysher Padi Terbaik dan Berkualitas

Jenis Polysher Padi Terbaik dan Berkualitas

Mesin utama yang digunakan untuk penggilingan padi terdapat 2 sistem phase yaitu mesin polysher padi atau mesin penyosoh beras. Sedangkan untuk peran dari mesin ini yaitu untuk memproses beras pecah hingga kulit maupun brown rice agar bisa menjadi beras giling. Terdapat 2 tipe polysher yang dapat Anda jumpai di pasaran dan Anda pun juga bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembeliannya dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Jenis Polysher Padi Terbaik dan Berkualitas

Sedangkan untuk Anda yang berkeinginan untuk melakukan pembelian mesin Polysher ini, maka Anda pun juga harus menyiapkan banyak dana untuk membelinya, karena mesin ini tidaklah murah, sehingga menjadikan diri Anda haruslah mempersiapkan banyak dana dari kantong Anda. Namun sebelum Anda melakukan pembeliannya, maka penting sekali untuk melihat jenisnya.

Ada 2 macam peyosoh atau mesin polysher padi yang saat ini ada di pasaran dan dapat untuk Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda, yaitu sebagai berikut ini:

  • Penyosoh tipe Abrasif.

Untuk penyosoh dengan tipe Abrasif ini menggunakan batu gerinda pada saat proses penggilingan beras. Sedangkan untuk lapisan dedak maupun aleuron yang ada pada beras brown rice atau pecah kulit akan bergesekan pada permukaan batu dan juga pada logam screen sehingga untuk dedak akan mudah terkelupas. Untuk kandungan dedak yang menempel di butir beras yang akan menentukan pada derajat sosoh yang ada dari beras giling. Sedangkan untuk karakteristik beras giling yang akan dihasilkan alat penyosoh dengan tipe Abrasif ini untuk warna beras cenderung lebih putih namun tidak transparan, dengan tekstur beras lebih kesat.

  • Penyosoh tipe Friksi.

Penyosoh dengan tipe Friksi ini menggunakan efek gesekan yaitu antara molen dari baja maupun dari stainless yang dilengkapi dengan screennya. Penggunaan mesin dari bahan stainless sebagai komponen maupun spare part polisher dan untuk hasil beras gilingnya lebih baik jika dibandingkan dengan komponen yang terbuat dari bahan baja. Sedangkan untuk Karakteristik penyosoh jenis ini menghasilkan beras transparan dan kurang putih dengan tekstur lebih halus.

Sedangkan untuk polisher ini pun juga menjadi salah satu mesin yang nantinya akan menentukan pada kualitas beras yang akan dihasilkannya. Untuk merek polisher maupun penyosoh yang ada di pasaran ini pun juga sangatlah beragam, bahkan ada banyak tipe yang dapat untuk Anda pilih, sehingga hal inilah yang menjadikan diri Anda haruslah lebih cerdas dalam melakukan pemilihannya.

Baca juga: Merk Mesin Traktor Ada Banyak, Pilih Sesuai Kebutuhan

Untuk komponen standar yang ada dari mesin polisher ini penyosoh berupa logam baja, meskipun sudah ada banyak sekali produsen dari polysher padi yang terbuat dari bahan stainless. Akan tetapi untuk penggunaan mesin polysher yang terbuat dari bahan stainless ini pun ternyata mampu untuk meningkatkan mutu yang ada pada beras sosoh yang telah diproses dan terlihat lebih jernih dan dapat mengurangi broken pada beras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *