Jenis Pilihan Mesin Las Listrik Serta Perbedaannya

Welding adalah teknik yang dikenal dapat untuk menyambungkan logam dengan mencarikan sebagian bagiannya terlebih dahulu dan ditempelkan dengan logam lainnya. Cara ini juga dikenal dengan mengelas yang bisa untuk menggunakan dua cara yang ada yaitu menggunakan las busur atau menggunakan mesin las listrik. Las listrik merupakan cara las yang menggunakan nyala busur yang akan dapat untuk menimbulkan percikan listrik dari logam yang akan disambung tersebut. Dimana pada umumnya ada tiga pilihan las listrik yang bisa digunakan yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. 3 jenis mesin yang bisa digunakan untuk las listrik tersebut adalah:

  • Mesin las dengan arus AC

Jenis pilihan untuk mesin las yang pertama adalah yang mempunyai arus AC atau bolak-balik. Anda bisa untuk menggunakan mesin ini yang akan menghasilkan arus yang dihasilkan dari generator AC, PLN, dan juga pembangkit listrik. Untuk jenis ini akan menghasilkan tegangan listrik yang bisa disesuaikan yaitu bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung dari kebutuhannya. Sehingga bisa untuk diturunkan ataupun dinaikkan ketika akan mengelas logam. Untuk mengatur hal tersebut adalah fungsi dari transformator atau trafo. Adapun kelebihan dari jenis yang pertama ini adalah dapat untuk menjadi alat las yang murah, mempunyai kabel massa dan juga elektroda yang bisa ditukar. Sedangkan untuk kekurangannya adalah tidak dapat dipergunakan pada semua jenis elektroda, akan menghasilkan suara yang bising, dan juga tidak dapat digunakan untuk semua jenis logam.

  • Mesin las dengan arus DC

Mesin las listrik selanjutnya yang dapat dipilih adalah yang mempunyai arus DC atau searah. Anda bisa untuk memilih arus ini yang berasal dari dinamo listrik yang searah. Dinamo tersebut nantinya dapat digerakkan dari motor listrik, motor diesel, dan juga penggerak lainnya. Kelebihan dari jenis ini adalah mempunyai nyala busur listrik yang akan lebih stabil daripada jenis sebelumnya. Selain itu juga mempunyai kebisingan yang bisa diredam, bisa digunakan untuk mengelas logam yang tipis, dan juga bisa untuk lebih fleksibel karena merubah arus.

  • Mesin las dengan arus ganda

Dan pilihan selanjutnya adalah arus mesin yang mempunyai arus ganda yaitu ACDC. Jenis ini menggunakan sumber listrik dari DC yaitu arus yang searah dan juga arus bolak-balik. Jenis ini Juga menggunakan trafo dengan satu unit mesin yang digunakannya. Mesin ini mempunyai output arus bolak-balik, dan rectifier untuk arus searahnya.

Kelebihan dari mesin las listrik ini adalah dapat untuk lebih mudah untuk pengaturannya. Dimana pengaturan arus bolak-balik atau searah tersebut akan lebih mudah dari mesin lasnya. Selain itu kelebihannya juga lebih fleksibel, dapat untuk digunakan pada jenis pekerjaan yang lebih bervariasi, dan juga dapat untuk digunakan untuk mengelas berbagai bahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *