Jenis-Jenis Vacum Sealer Dan Tipenya

Bagi para pembisnis makanan vacuum sealer sangat familiar. Vacum sealer adalah mesin yang memiliki fungsi untuk mengemas makanan. Menggunakan mesin ini membantu makanan lebih tahan lama, awet dan bisa dinikmati kapan saja sebelum masa berlakunya habis.

Alat ini baik digunakan karena cara kerjanya adalah mengeluarkan udara di daalam plastik kemasan lalu menyegelnya sehingga udara di dalamnya tidak membuat basi atau rusak karena terkena kontiminasi udara. Berikut ini beberapa jenis dan tipe vacum sealer yang perlu Anda ketahui dan bisa dijadikan pilihan.

DZ-280A

mesin ini cocok digunakan untuk industri rumah tangga dengan skala kecil atau UKM pemula. Dapat merekatkan kemasan plastik sampai 28cm, tebal hingga 8mm dan berat bersih hingga 2,4kg.

DZ-300A

Mesin ini kemampuannya sama dengan DZ-280A, bedanya pada DZ-300A sudah dilengkapi tabung untuk menampung cairan yang tersedot pada proses pemvakuman.

Portable DZ-260T

Mesin yang satu ini bentuknya lebih ringkas dan hemat tempat. Karena sifatnya portable maka bisa dengan mudah dibawa kemana saja. Harga jualnya bisa mencapai 10 juta rupiah. Mampu mensealing kemasan dengan tebal 260mm, ketebalan 10mm dan berat bersih produk sampai 35kg.

Portable DZ-400/ZT

Sama halnya dengan tipe DZ-400/ZT, mesin ini menggunakan sistem pump vakum. Modelnya compact sehingga lebih praktis dan hemat tepat. Karena portable, mesin ini bisa dipindahkan. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan DZ-260T yaitu sekitar Rp 12 juta rupiah.

Coffee Verticam Vacum Machine DZ-280/C

Berbeda dengan mesin yang menyegel kemasan dengan posisi horizontal, pada mesin ini menyegelnya dengan posisi vertikal. Jadi posisi kemasan diberdirikan ke mesin vakum lalu ditutup dan disegel dalam hitungan detik. Biasanya mesin ini digunakan untuk kemasan produk kopi, teh atau jagung kering.

DZ-400/2E 1 DZ500/2E

Vacum ini merupakan jenis yang paling laris di pasaran dan dibutuhkan untuk pemvakuman yang dilakukan secara rutin. Mampu mensealing kemasan sampai 40cm, tebal 10mm dan berat bersih 110kg.

DZ-800/2L I 1100/2L

Mesin ini chambernya besar dan sseal barnya 2 biji. Yang satu pendek dan yang satunya panjang, cocok untuk memvakum kemasan yang ukurannya jumbo. Pada tipe DZ-800/2L dapat mensealing hingga ukuran 580x680mm. Sedangkan pada tipe DZ1100/2L dapat mensealing ukuran 570x680mm.

External Vacum DZ-800W

Berbeda dengan tipe vakum lainnya yang harus menyegel kemasan satu persatu, pada mesin DZ-800W bisa dilakukan secara kontinyu. yaitu setelah kemasan pertama selesai disealing, pada kemasan kedua, ketiga dst sudah harus disiapan. Mesinini mampu melakukan sealing sampai 4 hingga 8 kemasan permenit. Mampu menselaing kemasan yang memiliki panjang hingga 102 cm.

Itulah beberapa jenis dan tipe mesin vacum sealer. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan beramanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *