Jenis-Jenis Perlengkapan Rumah Tangga Untuk Dapur Bersih

Perlengkapan rumah tangga adalah barang atau alat-alat yang ada di dalam rumah dan digunakan atau dipakai oleh para penghuni rumah. Ada banyak jenis peralatan rumah tangga, misalnya saja peralatan rumah tangga berdasarkan ruangan dapur, ruang tamu, ruang makan dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih spesifik mengenai perabotan rumah tangga dapur. Apa saja yang masuk ke dalam jenis-jenis perabotan dapur? Sebelumnya simak ulasan mengenai fungsi dapur.

Pengertian dan Fungsi Dapur

Dapur adalah ruangan yang dipakai untuk melakukan berbagai aktivitas mengolah makanan, menyimpan makanan atau bahan-bahan yang dimasak, memasak air dan lain sebagainya. Oleh sebab itu dapur harus dijaga kebersihannya dan dibuat secara benar. Dapur yang berantakan membuat malas untuk memasak.

Salah satu cara agar dapur nyaman adalah melengkapi peralatan dapur dan menatanya dengan benar. Apa saja barang-barang yang termasuk peralatan dapur? Berikut pembahasannya.

Jenis-Jenis Peralatan Dapur

Sesuai fungsinya, ruangan dapur digunakan untuk memasak maka peralatan yang harus ada adalah peralatan yang bisa mendukung proses memasak.

Perlengkapan rumah tangga yang harus ada adalah pisau dan telenan yang berguna untuk memotong-motong makanan yang akan diolah. Lalu wajan penggorengan, panci dan kompor yang fungsinya sangat penting sekali untuk tempat memasak segala macam makanan.

Peralatan lainnya adalah peralatan untuk menyimpan makanan yang sudah jadi yaitu piring, mangkok dan peralatan lainnya seperti gelas, sendok dan garpu.  Semua peralatan dapur tersebut umumnya disimpan dalam lemari atau di sebuah rak agar tertara rapih. Jangan lupa menempatkan meja untuk menyimpan makanan yang sudah jadi dan kursi. Demikian pembahasan singkat mengenai perabotan rumah tangga. Semoga artikel ini bermanfaat.

Selain itu semakin berkembangnya teknologi, membuat para produsen peralatan rumah tangga melakukan inovasi prodaknya agar lebih mudah digunakan, praktis dan cepat. Yaitu dengan banyaknya pilihan perabotan elektronik, seperti: rice cooker, pemanggang roti, blender, pemanas air dan lain sebagainya.

Tips Memilih Peralatan Dapur

Karena memiliki peran yang sangat penting, sekarang sudah banyak perabotan dapur yang beredar di pasaran dari bahan-bahan yang berkualitas. Karena semakin banyak pilihan, perlu kejelian dan ketelitian.

Poin penting memilih peralatan dapur adalah mengetahui karakteristik bahannya. Dengan mengetahui sifat bahan-bahan perabotan, bisa mempermudah memilih sesuai kebutuhan. Selain itu Anda bisa mengetahui bagaimana merawat dan membersihkannya.

Misalnya bahan stainless steel adalah bahan anti rengket. Biasanya digunakan sebagai bahan wajan penggorengan, panci dan lain sebagainya. Bahan ini memiliki kelebihan lebih mudah dicuci, mengurangi pemakaian minyak goreng. Memiliki perabotan stainless stell perlu perawatan yang telaten, jangan sampai terkelupas karena jika tercampur dengan bahan makanan bisa berbahaya.

Selain stainless steel masih banyak bahan perlengkapan rumah tangga lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan, seperti: plastik, kayu, anyaman rotan dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *