Jenis-Jenis Mesin Potong Rumput Buatan Lokal Maupun Luar

Semakin majunya dunia teknologi banyak bermunculan peralatan yang modern dan canggih. Salah satunya adalah mesin pemotong rumput. Mesin potong rumput adalah mesin yang fungsinya untuk memotong atau merapihkan rumput. Mesin ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pertanian saja, namun dibutuhkan untukmerapihkan area taman, membersihkan halaman dsb.

Baca juga: JENIS_JENIS PERALATAN ELEKTORNIK RUMAH TANGGA BESERTA FUNGSINYA

Jenis-Jenis Mesin Pemotong Rumput

  • Mesin Pemotong Rumput Gendong

Mesin ini termasuk jenis mesin potong rumput yang paling banyak dijumpai dan paling laris. Seperti namanya, cara menggunakan mesin ini adalah dengan digendong. Harga mesin ini ditawarkan lumayan murah itu sebabnya mengapa mesin ini banyak diminati oleh masyarakat.

  • Mesin Pemotong Rumput Dorong

Tidak kalah dengan mesin pemotong yang digendong, jenis mesin yang di dorong juga cukup popular di masyarakat. Biasanya mesin ini digunakan untu memotong rumput di halaman rumah atau perkantoran yang luas. Cara menggunakannya sangat mudah dan praktis, yaitu hanya dengan mendorong maju ke depan. Menggunakannya tidak cape, mesin ini dilengapi ban yang ukurannya kecil.

  • Mesin Pemotong Rumput Mobil Mini

Jenis mesin pemotong ini, cara menggunakannya praktis dan tidak capek seperti menggunakan mesin pemotong yang lain. Caranya adalah dengan mengendarai di atasnya. Bentuknya seperti mobil kecil (mini) dibagian bawahnya terdapat mesin pemotong.

Jenis Mesin Pemotong Rumput Lokal Dan Buatan Luar

Berdasarkan merknya sekarang mesin pemotong rumput dapat dibedakan menjadi dua yaitu yang buatan lokal dan mesin dari luar negeri. Sejak dibukanya pasar bebas, banyak beredar merk-merk luar negeri, termasuk mesin pemotong rumput. Salah satunya adalah produk buatan Cina, seperti: Mitsubishi, Tanaka dan merk lainnya. Mesin pemotong rumput buatan Cina harganya lumayan murah. Dengan perawatan yang teratur dan benar, bisa membuat mesin jadi lebih tahan lama dan awet.

Mungkin diantara pembaca ada yang penasaran apakah ada perbedaan antara mesin pemotong rumput lokal dengan buatan dari luar negeri? lalu bagaimana kualitas keduanya? Kedua jenis mesin tersebut terdapat perbedaan, bisa dari segi kualitas, kenyamanan dan harganya.

Masalah hasil potongan rumput yang dihasilkan bagus atau tidaknya semua tergantung operator yang menggunakan mesin. Sedangkan untuk pemula mesin yang cocok digunakan adalah yang lokal karena umumnya jenis pemotong rumput lokal menghasilkan getaran yang lebih keras dibandingkan dengan mesin buatan luar.

Karena getaran mesin lebih keras, maka kekuatan tangan menjadi lebih besar dan stabil. Kelebihan mesin lokal adalah jika ada kerusakan sparepartnya biaya untuk membenarkannya bisa lebih murah dibandingkan dengan mesin buatan luar.

Sekarang sudah banyak merk mesin potong rumput baik lokal maupun luar negeri. Harga yang ditawarkan berbeda-beda, tergantung merk dan spesifikasinya. Anda bisa simak informasi mengenai harga mesin pemotong rumput di artikel lainnya, masih di situs kesayangan Anda yaitu Bukalapak.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *