Jenis-Jenis Mesin Pemanggang Daging Dan Kelebihannya

Dari zaman dulu alat pemanggang sudah digunakan, hal ini terbukti dengan ditemukannya beberapa situs peninggalan dari zaman purba kala yang menggambarkan penggunaan alat pemanggang untuk memasak bahan makanan.. Sekarang alat ini semakin modern dan memudahkan memasak daging. Selain itu kehadiran mesin pemanggang daging membuat daging matang dengan merata dan empuk.

Mesin pemanggang daging hadir dengan berbagai bentuk, ukuran dan merk. Setiap model mesin menawarkan cara kerjanya masing-masing, walaupun pada umumnya masing-masing memiliki prinsip yang sama yaitu untuk memanggang. Jika Anda berencana membeli pemanggang daging, sebaiknya baca artikel ini hingga tuntas karena di sini kita akan mengulas seputar jenis-jenis pemanggang daging dan fungsinya. Dengan adanya pembahasan ini diharapkan membantu Anda mendapatkan pemanggang yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Pemanggang Asap

Kelebihan pemanggang ini bisa meresap aroma arang ke dalam bahan makan yang dipanggang, khususnya daging. Menggunakan alat ini membutuhkan kayu untuk media pengasapan. memanggang di alat ini menghasilkan suhu yang stabil dan menghasilkan daging yang lembut dan lezat. Sayangnya membutuhkan waktu yang lama sampai berjam-jam.

Pemanggang Rotisserie

Pemanggang ini biasanya digunakan untuk memanggang ayam atau bebek. Memanggang dengan alat ini membutuhkan tuas khusus yang langsung disambungkan ke pemanggang. Cara menggunakannya tusuk bahan yang akan dipanggang menggunakan tuas lalu sambungkan ke pemanggang. Kelebihan pemanggang ini adalah hasil panggangannya lebih merata karena tuasnya terus berputar.

Pemanggang Pan Grill

Pemanggang ini merupakan pemanggang yang paling praktis dan banyak digunakan di rumah-rumah. Bentuknya seperti wajan dibagian atasnya dilapisi lis yang bisa membentuk bekas panggangan yang dipanggang. Memanggang menggunakan alat ini membutuhkan api dari kompor. Menggunakan alat ini hanya bisa memanggang bahan yang sedikit.

Pemanggang Salamander

Alat pemanggang daging yang satu ini terbilang unik dan berbeda dengan pemanggang yang sudah kita bahas diatas. Umumnya arah panas pemanggang lainnya berasal dari bawah, sedangkan panas yang dihasilkan oleh pemanggang salamander berasal dari atas. Oleh sebab itu alat ini cocok digunakan untuk keju agar lelehannya terlihat cantik dan sempurna.

Demikian informasi seputar jenis-jenis pemanggang yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu memilih pemanggang harus disesuaikan dengan dimana pemanggang akan disimpan. Misalnya alat pemanggang pan grill memiliki ukuran yang bervariasi. Perlu Anda ketahui ukuran pemanggang mempengaruhi kapasitas alat pemanggang tersebut.

Selain itu pertimbangkan pula berapa kapasitas yang bisa ditampung oleh alat selama sekali masa. Sekarang sudah tersedia mesin pemanggang daging yang bertingkat dan bisa mengoptimalkan proses pemanggangan. Jadi dalam sekali proses memanggang, Anda bisa mendapatkan hasil sekaligus lebih banyak. Tentu hal ini lebih praktis dan menghemat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *