Jenis-Jenis Mesin Pemanggang Daging Berdasarkan Fungsinya

Salah satu peralatan masak yang tidak boleh tertinggal saat mengadakan acara pesta adalah mesin pemanggang daging.  Dengan adanya perlatan panggang bisa membuat proses memanggang daging menjadi lebih mudah dan cepat.

Ada banyak jenis pemanggang, karena itulah Anda harus lebih selektif memilih yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.  Sebelum membeli pemanggang, ada baiknya mengetahui jenis pemanggang berdasarkan fungsinya, dengan harapan dapat membantu Anda memilih peralatan yang tepat.

Baca juga: DUA MERK MESIN PEMANGGANG DAGING YANG NYAMAN, BERKULITAS DAN AMAN

Pemanggang Asap

Pemanggang asap bisa memasukkan aroma arang ke makanan, terutama jenis daging-dagingan. Pemanggang ini membutuhkan kayu asap yang dijadikan sebagai media pengasapannya. Suhu yang dihasilkan stabil, namun untuk mendapatkan hasil daging yang lembut dan enak harus dipanggang dalam waktu yang lumayan lama.

Hasil panggangan yang menggunakan pemanggang ini rasanya enak dengan rasa asap bara karena daging dimasukkanke dalam bara sehingga lebih lembab dan mudah lepas dari tulang.

Rotisserie

Pemanggang jenis ini lebih sering digunakan untuk daging ayam atau unggas kecil. Menggunakan alat ini membutuhkan tuas rotisserie yang disambungkan. Cara menggunakannya pemanggang dinyalakan terlebih dulu, lalu tusuk daging ayam menggunakan tuas kemudian sambungkan dengan alat pemanggang. Karena tuas berputar, hasil dagingnya matang merata.

Pan Grill

Alat pemanggang ini praktis digunakan di rumah. Bentuknya mirip seperti wajan yang bagian alasnya dilengkapi lis-lis yang membentuk bekas panggangan pada bahan makanan yang dipanggang. Memanggang menggunakan alat ini membutuhkan panas api dari kompor. Hasilnya, makanan jadi lebih cepat matang. Selain itu bentuknya unik. namun sayangnya alat ini tidak bisa memanggang dalam jumlah yang banyak.

Salamander

Pemanggang yang satu ini terlihat unik, berbeda dengan peralatan panggang yang sudah kita bahas sebelumnya. Jika pemanggang lainnya arah panasnya datang dari bawah, pada alat ini panasnya datang dari atas. Alat ini cocok digunakan untuk memanggang makanan yang bahannya menggunakan keju. Hasilnya, keju akan meleleh dengan cantik dan menghasilkan warna yang cantik.

Lalu pertanyaannya dimana bisa mendapatkan mesin pemanggang daging yang berkualitas dan harga murah? Sekarang Anda tidak perlu bingung mencari toko atau swalayan yang menjual pemanggang, cukup dengan buka situs jual beli online Bukalapak.com, Anda bisa mendapatkan beragam jenis pemanggang yang sudah kita bahas diatas. Harga pemanggang berbeda-beda, mahal tidaknya pemanggang tergantung merk, fitur dan bahan yang digunakan.

Itulah beberapa jenis mesin pemanggang daging yang bisa Anda pilih salah satunya. Setelah mengetahui jenis-jenis pemanggang berdasarkan fungsinya tersebut, diharapkan dapat memudahkan Anda memilih pemanggang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memanggang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *