Jenis-jenis Mesin Pemanas Air

hargamesin.org-mesin pemanas air

Berdasarkan pada jumlah air panas yang Anda gunakan dan cara memanaskan air (gas, minyak, listrik), terdapat lima jenis mesin pemanas air. Beberapa jenis diklaim dapat menghemat biaya penggunaan energi hingga setengah dari model penyimpanan biasa. Tapi harga mesin tipe ini cenderung tinggi sehingga penghematannya mungkin baru terasa setelah sekian lama digunakan.

  • Storage Water Heater Tank

Mesin pemanas air jenis tangki penyimpanan adalah jenis yang paling umum. Seperti namanya, jenis ini memiliki sebuah tangki terisolasi untuk memanaskan dan menyimpan air sampai dibutuhkan, yang akan keluar dari pipa di bagian atas pemanas air.

Mesin pemanas air ini juga memiliki katup yang diatur suhu dan tekanan, yang akan membuka jika melebihi tingkat yang ditentukan.

Mesin pemanas air gas biasanya menggunakan lebih sedikit energi dan lebih hemat biaya pengoperasiannya (sekitar setengah) daripada pemanas air listrik, meskipun model gas harganya lebih mahal.

  • Tankless (On-Demand) Water Heater

Mesin pemanas air jenis tankless ini tidak menyimpan air, tapi menggunakan kumparan pemanas untuk memanaskan air yang Anda butuhkan. Mesin ini lebih hemat energi daripada jenis tangki penyimpanan, namun hanya mengalirkan air panas sekitar 13 liter per menit. Jenis ini sangat cocok untuk orang yang biasanya tidak menggunakan air untuk beberapa keperluan secara bersamaan.

Baca juga: JENIS-JENIS MESIN PEMANAS AIR UNTUK KAMAR MANDI

  • Heat Pump (Hybrid) Water Heater

Jenis ini menangkap panas dari udara dan mentransfernya ke air. Mesin pemanas air jenis ini mampu menghemat energi sekitar 60 persen daripada pemanas air listrik standar. Dan walaupun jenis ini harganya lebih mahal daripada model electric-only, penginstalasian mesin ini serupa dan keuntungan penghematannya akan lebih cepat tercapai. Sayangnya, mesin ini tidak bekerja dengan baik di tempat yang sangat dingin dan mesin harus ditempatkan di tempat dengan suhu antara 4 sampai 32 derajat Celsius.

  • Solar Water Heater

Panel surya yang dipasang di atap rumah menyerap panas matahari dan mentransfernya ke cairan antibeku dalam sistem perputaran yang melalui tangki air. Model ini sangat hemat energi di musim panas, sehingga mesin ini sangat menarik untuk daerah yang hangat dan cerah. Tapi mesin ini sangat tidak efektif pada hari yang dingin dan berawan. Kebanyakan model ini memiliki sistem backup yang bisa digunakan saat diperlukan.

  • Condensing Water Heater

Condensing water heater dapat dipilih jika Anda memanaskan air dengan gas dan memerlukan mesin pemanas air dengan kapasitas lebih dari 200 liter.

Model ini memiliki tangki seperti pemanas air konvensional, tetapi menangkap gas buang yang biasanya menjadi limbah energi. Gas-gas ini kemudian ditiupkan melalui kumparan di bagian bawah mesin yang sebagian besar panasnya akan diserap oleh air dingin yang masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *