Jenis-Jenis Mesin Jahit Dan Fungsinya

mesin-jahitMesin jahit merupakan alat khusus yang digunakan untuk proses membuat baju. Ada beberapa jenis mesin yang di buat berdasarkan fungsinya. Hadirnya alat ini membantu mempercepat proses pengerjaan jahit menjahit dan membuat hasilnya lebih rapih..

  • Mesin klasik

Mesin jahit ini digunakan secara manual. Mesin berputar dengan cara digerakkan dengan tangan dan kaki. Bisa dibilang mesin jahit ini merupakan cikal bakal sebelum kita kenal peralatan elektronik seperti sekarang ini. Awalnya mesin ini digerakkan dengan kaki, namun seiring perkembangan jaman mesin ini mengalami perubahan, tentunya dengan tujuan agar proses menjahit menjadi lebih cepat.

  • mesin highspeed

Mesin model ini sudah menggunakan mesin yang memiliki kecepatan tinggi. Sudah dilengkapi dengan alat pemotong benang otomatis dan mengunci jahitan dari awal hingga akhir. Hasil jahitannya memiliki kualitas yang baik. Sedangkan dari segi kuantitas bisa menghasilkan jahitan lebih banyak. Apabila Anda menjalankan bisnis konveksi sebaiknya menggunakan mesin high speed.

  • Mesin Digital automatic

Mesin ini menggunakan sistem komputer menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan memberikan sensasi yang baru. Sudah dilengkapi dengan fitur yang membuat proses menjahit menjadi lebih praktis dan mudah. Bagaimana tidak, hanya dengan menekan tombol yang terdapat di bagian body mesin, Anda sudah bisa mendapatkan berbagai jenis jahitan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Harga mesin bervariasi, sesuai dengan fitur yang terdapat pada mesin. Semakin lengkap fiturnya, maka semakin mahal harganya.

Mesin digital jahit ini cocok digunakan untuk usaha industry kreatif karena memiliki fitur variasi jahitan yang banyak. Jadi setiap ide bisa disalurkan dengan menggunakan mesin ini.

  • Mesin obras

Mesin ini cocok digunakan untuk overclocking dan overedging. Mesin ini menawarkan kinerja yang baik low sewing tension. Membuat hasil jahitan lebih rapih. Sudah tersedia pisau pemotong. Selain rapih, hasil jahitannya lebih kuat.

Mesin ini fungsinya untuk membuat jahitan pada lubang kancing agar tidak mudah sobek dan memanjang. Jahitan pada lubang kancing memberikan batas untuk kancing itu sendiri. Ada beberapa jenis mesin yang sekaligus dilengkapi fitur memasang kancing, namun harganya lebih mahal.

  • Mesin jahit dua jarum

Mesin ini merupakan adopsi dari mekanisme tipe jarum feed mechanism untuk menghasilkan dua baris jahitan yang tegas. Cocok digunakan untuk jenis jahitan dekoratif, pakaian dalam, bedcover, bahan kulit, bahan dasar kaos. Ada pilihan jenis alat ukur yang disediakan pada mesin ini.

  • Mesin overdeck

Mesin ini adalah hasil adopsi dari sistem pelumasan otomatis tertutup. Bagian drive utama mengadopsi timing belt yang menjamin kecepatan tinggi dan tidak bising. Biasanya mesin ini digunakan untuk membuat pakaian yang bahannya terbuat dair kaos atau bisa juga digunakan untuk menjahit ritseleting scallop dan nilon.

  • mesin neci

Mesin jahit ini digunakan untuk menjahit bagian tepi kain agar lebih rapih. Sudah dilengkapi dengan pisau pemotong. Mesin ini wajib dimiliki bagi Anda yang membuka usaha pembuatan kerudung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *