Jenis-Jenis Mesin Gergaji dan Karakteristiknya, Jangan Sampai Salah Beli

Jenis-Jenis Mesin Gergaji dan Karakteristiknya, Jangan Sampai Salah Beli

Gergaji pada dasarnya adalah sebuah sarana atau perkakas yang memiliki fungsi dalam memotong benda, baik itu yang terbuat dari bahan dasar kayu ataupun material yang lainnya. sarana yang satu ini termasuk kebutuhan yang sangat penting dalam industri manufaktur dan sejenisnya. Namun tentunya tak hanya jenis yang manual saja, untuk kegiatan industri yang cukup besar umumnya mereka akan mengandalkan mesin gergaji yang bisa bergerak secara otomatis dan juga cepat dalam memotong berbagai jenis benda.

Jenis-Jenis Mesin Gergaji dan Karakteristiknya, Jangan Sampai Salah Beli

Jika melihat dari jenis-jenisnya sendiri, sebenarnya mesin gergaji ini terbagi atas beberapa model atau tipe, diantaranya adalah:

  1. Gergaji datar, mesin yang satu ini dapat memotong benda kerja dalam jumlah yang besar sekaligus, sehingga jauh lebih efisien untuk digunakan, apalagi dalam industri yang besar. Penggunaan dari mesin potong yang satu ini juga tergolong cukup mudah, itulah mengapa tak membutuhkan terlalu banyak tenaga ketika ingin memakainya.
  2. Gergaji bolak-balik, sebenarnya tipe gergaji yang digunakan sama halnya dengan datar, yaitu gergaji lurus, namun langkah pengerjaan atau pemotongannya dengan menggunakan gerakan bolak-balik, juga masih mengandalkan cara yang manual atau tangan.
  3. Gergaji bundar, mesin tersebut bekerja dengan mengandalkan sebuah gergaji yang memiliki bentuk bulan atau bundar dan ada mata potong di sekelilingnya. Proses pemotongannya sendiri sangat mirip dengan operasi frays, sehingga mesin yang satu ini juga dikenal sebagai gergaji dingin.
  4. Gergaji sabuk, keunggulan dari mesin yang satu ini adalah tak hanya dapat memotong benda secara mendatar atau lurus saja, melainkan juga jenis potongan lainnya yang dikehendaki, seperti diantaranya adalah potongan melengkung atau sejenisnya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Berbeda jenis, maka akan berbeda pula hasil potongan dan cara kerjanya untuk itu jangan sampai salah dalam memilih, berikut ini beberapa pertimbangan sebelum membelinya, yaitu:

  1. Pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk kegiatan manufacturing besar, maka lebih disarankan menggunakan gergaji datar karena bisa memotong secara cepat dalam jumlah banyak.
  2. Merk mesin tersebut, untuk mengetahui kualitas terbaik dari sebuah mesin, maka Anda juga harus mempertimbangkan merknya, mengingat hal ini sangat berhubungan dengan kualitas. Pilihlah yang benar-benar sudah terpercaya.
  3. Sesuaikan dengan budget, berbeda merk dan juga jenis produk, maka hal yang tak boleh Anda lupakan adalah tawaran harganya juga akan berbeda. Lihat dulu isi kantong sebelum membeli, namun jangan khawatir karena belakangan ini ada banyak juga yang menjualnya secara kredit, sehingga mempermudah pembelian, karena bisa diangsur.

Baca juga: Mesin Gergaji Jigsaw Vs Circular, Mana yang Lebih Bagus? Simak Dulu Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Dengan adanya mesin gergaji ini juga dapat membantu serangkaian aktivitas rumah tangga Anda , apalagi bagi yang sudah terbiasa melakukan perbaikan atau membuat beberapa kreasi furniture sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *