Jenis-Jenis Mesin Cofee Berdasarkan Prinsip Kerjanya

Untuk membuat kopi yang nikmat dan berkualitas, maka diperlukan mesin coffee yang berkualitas pula. Mesin kopi fungsinya khusus untuk mengolah, membuat dan menggiling kopi menjadi kopi siap saji. Salah satunya adalah mesin espresso.

Jika Anda adalah pecinta kopi, tentu tahu apa itu espresso. Espresso adalah minuman kopi konsentrat yang proses pembuatannya dengan cara mengalirkan air yang mendidih dengan tekanan tertentu ke bubuk kopi. Secara garis besar, espresso adalah bahan dasar untuk memuat latte, cappuccino dan kopi lainnya.

Sekarang sudah banyak tersedia beragam mesin coffee yang bsia membantu Anda membuat espresso dengan praktis dan mudah. Secara umum mesin ekspresso dibagi menjadi dua jenis yaitu yang Pertama adalah mesin domestik yaitu mesin yang umumnya digunakan untuk kebutuhan rumahan dan yang Kedua adalah mesin komersil yaitu yang digunakan untuk mendukung kegiatan bisnis, misalnya: untuk café, restoran dsb.

Sedangkan dari prinsip kerjanya, mesin ekspresso dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Mesin Ekspresso Manual

Seperti namanya, mesin ini dijalankan dengan tenaga manual. Yaitu proses penghalusan bijinya, pengukuran takaran, pengaturan suhu dan tekanan air yang digunakan dilakukan secara manual. Menggunakan mesin ekspresso jenis ini membutuhkan tingkat keahlian dan ketelitian yang tinggi. Metode pengoperasiannya terbilang sulit, namun citarasa dan aroma kopi yang dihasilkan sangat kental dan sesuai dengan selera pecinta kopi.

Mesin Ekspresso Semi Otomatis

Di sebut semi otomatis karena mesin ekpresso ini memadukan teknik pembuatan kopi manual dengan otomatis. Menggunakan mesin ini tidak terlalu sulit bahkan bisa langsung menghasilkan kopi yang nikmat. Itu sebabnya jenis mesin ini sangat menjadi favorit para barista. Jneis mesin ini biasanya terdiri dari dua jenis yang berbeda, ada yang manual control yaitu saat membuat kopi bisa menstop sendiri sesuai dengan kebutuhan dan jenis programmable doses yaitu mesin yang sudah ditentukan berapa banyak takaran kopi yang dibutuhkan.

Mesin Ekspresso Otomatis

Seperti namanya, mesin ini bekerja dengan cara otomatis. Jadi proses pembuatannya lebih mudah dan praktis, cocok untuk Anda yang tidak ingin repot membuat kopi. Namun, jika Anda menginginkan sensasi citarasa dan keharuman kopi, mesin ini tidak direkomendasikan. Keunggulan mesin ekspresso otomatis  lainnya adalah dari segi desainnya yang keren dan bergaya futuristic.

Dari ketiga mesin tersebut, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk meracik kopi sendiri bisa pilih mesin ekspresso yang otomatis. Dengan mesin kopi yang otomasis memungkinkan Anda membuat kopi dalam waktu yang singkat. Sedangkan apabila Anda ingin belajar meramu kopi sendiri, bisa gunakan mesin cofee yang semi otomatis atau manual untuk memperdalam pengetahuan meracik kopi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *