Jenis-Jenis Mesin Bubut yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-Jenis Mesin Bubut yang Perlu Anda Ketahui

Dalam dunia industri memang terdapat berbagai mesin yang dipakai untuk memudahkan proses produksi atau pekerjaan termasuk salah satunya adalah mesin bubut. Dimana mesin yang satu ini biasanya digunakan untuk menyayat benda-benda kerja sehingga bisa menghasilkan uliran dengan berbagai ukuran. Selain itu, mesin ini bekerja secara sederhaan dengan gerakan translasi sejajar dibagian pahat mesin lalu diarahakan ke benda yang akan disayat. Dalam menggunakan mesin ini sebaiknya sesuai dengan prosedur yang diterapkan sehingga bisa menghasilkan hasil kerja yang lebih optimal sesuai dengan keinginan.

Jenis-Jenis Mesin Bubut yang Perlu Anda Ketahui

Tidak berbeda dari mesin perkakas lainnya ternyata mesin bubut juga mempunyai berbagai jenis. Dimana jenis tersebut dibedakan berdasarkan merk, ukuran serta fitur yang dimiliki. Untuk itulah bagi anda yang ingin membeli mesin tersebut sebaiknya perlu cermat dan teliti memilih mesin yang memang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itulah berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis mesin tersebut yang bisa menjadi referensi anda.

  1. Mesin Ringan
    Mesin bubut riangan merupakan mesin yang sering digunakan untuk latihan serta mengerjakan pekerjaan yang ringan. Mesin ini memiliki betuk yang ringan dan sangat kecil sehingga bisa dikategorikan sebagai mesin sederhana. Untuk itulah mesin jenis ini sering dipakai untuk pekerjaan yang relatif kecil dan detail. Untuk jenis mesin ringan yang satu ini juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu mesin bangku dan mesin lantai.
  2. Mesin Sedang
    Mesin bubut yang satu ini memang terlihat lebih besar bila dibandingkan dengan jenis mesin yang ringan. Selain itu mesin ini memiliki fungsi yang lebih banyak dan detail dibandingkan mesin ringan. Untuk itulah biasanya mesin ini digunakan dalam pekerjaan yang bervariasi namun dengan sedikit detail. Mesin sedang ini juga mempunyai fungsi penting yaitu untuk memperbaiki atau membuat perkakas produksi.
  3. Mesin Standar
    Jenis mesin berikutnya yaitu mesin standar yang memiliki perbedaan dengan jenis mesin bubut lainnya. Sebab mesin yang satu ini ternyata lebih berat dan lebih besar. Bahkan kemampunyannya juga lebih besar jika dibandingka mesin ringan. Mesin ini memang lebih banyak ditemukan dalam berbagai industri produksi.
  4. Mesin Meja Panjang
    Mesin yang satu ini merupakan jenis mesin industri serta banyak dipakai untuk mengerjakan pekerjaan yang panjang dan besar. Bila anda pernah bekerja dalam sebuah industri maka mesin ini pasti banyak ditemukan dalam industri tersebut. Sebab mesin ini banyak digunakan unutk memproduksi barang-barang dalam skala yang besar baik dari segi jumlah maupun ukuran.

 Baca juga artikel menarik lainnya di hargamesin.org

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis mesin bubut yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan dan informasi di atas, kini anda bisa lebih mudah dalam membedakan jenis mesin serta kegunaannya sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *