Jenis-jenis Mesin Bubut dari Masa ke Masa

Jenis-jenis Mesin Bubut dari Masa ke Masa

Ilmu fisika dan design telah menghasilkan banyak mesin-mesin yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan manusia terutama yang berhubungan dengan bahan yang sulit dikendalikan ataupun berbahaya jika berinteraksi secara langsung. Salah satu penerapan dari ilmu ini adalah sebuah mesin bubut dimana mesin tersebut berfungsi sebagai mesin pemotong untuk benda-benda yang diputar. Meski mesin tersebut sekarang ini terlihat sangat modern, namun pada penemuannya yang terdahulu ternyata dibuat dari bahan-bahan sederhana dengan menerapkan prinsip kerja yang sama.

Jenis-jenis Mesin Bubut dari Masa ke Masa

Terdapat 2 gerakan yang terjadi pada mesin ini yaitu:

  1. Gerak potong relatif yaitu gerakan putar dari benda yang akan dipotong.
  2. Gerak umpan yang berasal dari gerakan translasi dari pahatan.

Keduanya bekerja secara sinergis hingga menghasilkan daya potong untuk benda yang ditempatkan. Memiliki beberapa kekuatan gigi dari 15 hingga 127 dimana jumlah gigi terbanyak memiliki karakteristik untuk konversi dari ulir matic ke inci. Bagi Anda yang saat ini menggunakan mesin tersebut untuk bekerja, berikut ini adalah informasi yang bisa menjadi wawasan bagi Anda mengenai sejarah jenis mesin pemotong yang diciptakan dari masa ke masa.

  • Tahun 1200 SM.

Ditemukan mesin primitif bubut pertama untuk membuat mangkuk sedangkan pada penggunaan upacara. Berasal dari Asia timur yang sampai saat ini juga masih banyak digunakan di pasar tradisional Asia timur. cara kerjanya adalah dengan memutar kumparan sambil membungkuk dan duduk di atas tanah diiringi dengan tangan lain yang memegang pahat. Salah satu kaki digunakan untuk menjaga kestabilan mesin bubut primitif ini.

  • Di China.

Di negara China mesin pemotong sudah dibuat dengan lebih modern menyerupai mesin jahit saat ini dengan 2 buah pedal kaki untuk menggerakkan mesin spindle bubut. Kedua tangan yang bebas bisa menggerakkan pahat dengan leluasa. Posisi si pemahat duduk di kursi sehingga lebih nyaman dibandingkan mesin primitif sebelumnya.

  • Di negara barat.

Negara barat lebih memilih untuk membuat mesin tersebut dengan cara penggunaan berdiri. Hanya satu kaki yang dibutuhkan untuk menggerakkan mesin putar sedangkan kaki lain digunakan untuk menopang tubuh.

  • Tahun 1615.

Mesin pemotong eksentrik untuk mengubah benda oval telah diciptakan oleh Salomon de Caus dimana mesin inilah yang menjadi cikal bakal mesin saat ini.

Baca juga Inilah Kegunaan Mesin Bubut dan Prinsip Kerjanya

Tak berhenti pada jenis mesin bubut dari Salomon saja, mesin tersebut terus mengalami perkembangan hingga menjadi seramping dan seefektif yang sekarang banyak digunakan. Perkembangan salah satu mesin yang memanfaatkan tehnik fisika tersebut menjadi salah satu tanda pentingnya pemanfaatan hukum-hukum fisika untuk menciptakan berbagai alat yang bisa berguna untuk manusia jika ingin terus menggali. Harga mesin tersebut sekarang ini berkisar antara Rp 2 jutaan dengan berbagai merk buatan beberapa negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *