Jenis-jenis Mesin Bubut Beserta Penjelasannya

Jenis-jenis Mesin Bubut Beserta Penjelasannya

Dalam sebuah industri dan manufaktur tentunya membutuhkan mesin-mesin yang memudahkannya dalam produksi barang yang akan dijual. Salah satu mesin yang pasti dibutuhkan oleh sebuah industri adalah mesin bubut. Mesin ini selalu digunakan pada semua lapisan baik industri kecil, menengah maupun besar. Selain itu terdapat berbagai macam jenis dan karakteristik sesuai dengan peruntukannya.

Jenis-jenis Mesin Bubut Beserta Penjelasannya

Mesin bubut tergolong mesin klasik yang sudah digunakan dari era tahun1900-an. Mesin ini adalah bentuk lain dari mesin pemotong namun hasilnya berupa penampang silindris. Sistem kerjanya hampir menyerupai bor yang memutar pada porosnya dengan mata pahat yang kerjanya di sisi luar poros memotong material. Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis mesin bubut yang dijelaskan di bawah ini, yaitu:

Centre Lathe

Jenis mesin bubut Centre Lathe paling umum dan sering digunakan dengan poros spindle yang mempunyai chuck berahang pada salah satu sisinya sebagai alat cengkram material. Rahang tersebut berfungsi sebagai pusat sumbu sedangkan sisi lainnya sebagai pemutarnya.

Sabuk

Cara kerja jenis mesin ini adalah poros spindle berkaitan dengan sebuah sabuk yang mana putaran pada poros akan menjadi putaran sabuk yang mengelilingi roda gigi. Roda gigi tersebut sebagai kunci pembuatan ulir dan pemotongan material. Pada ujung roda gigi terdapat eratan berpahat dengan gerak putar yang konstan dan bersifat transiasi untuk membentuk sebuah ulir.

Vertical Turning Atau Boring Milling

Cara kerja pada jenis vertikal turning atau boring milling adalah otomatis sesuai dengan pengaturan operatornya yakni poros akan mengatur dengan sendirinya pada cengkraman materialnya. Pengaturan tersebut akan menentukan hasil akhir dan hasil potongannya.

Facing Lathe

Mesin ini dikategorikan kedalam mesin khusus yang mengerjakan material berbentuk piringan. Pada sisi dasarnya terdapat piringan atau cakram berupa plat besar. Cara kerja mesin bubut ini yaitu di kedua sisi piringan tersebut.

Turret

Mesin bubut jenis ini memiliki ciri khas karena kemampuan kerjanya yang identik. Hal ini memudahkan industri massal sehingga tidak perlu mempekerjakan tenaga ahli yang banyak karena hanya tergantung pada proses pengaturan mesin.

Turret Sadel

Mesin jenis ini juga memiliki prinsip kerja yang sama karena menggunakan sistem turret yang berfokus pada kemampuan bekerja yang identik. Yang membedakannya adalah proses kerjanya menggunakan sadel sebagai pengaturan dan pengoperasian.

Baca juga: Cara Perawatan Mesin Bubut dengan Benar Agar Awet

Turret Vertikal

Mesin bubut yang satu ini hampir sama dengan mesin freis pengebor vertikal namun menggunakan sistem turret. Adanya meja putar yang bercengkeram dan turret diatas rel yang menyilang pada meja putar tersebut. Pada turretnya terdapat kepala samping sebagai pengontrol pahat bersistem yang telah diatur sedemikian rupa sehingga akan terjadi pengulangan yang identik saat mesin tersebut Anda operasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *