Jenis – Jenis Kipas Angin

Kipas angin adalah barang elektronik yang digunakan untuk menghasilkan angin. Dengan adanya alat ini membuat ruangan terasa lebih dingin dan udaranya lebih segar. Cara kerjanya digerakkan oleh listrik. Jadi agar kipas berfungsi harus terhubung dengan listrik.

Manfaat Kipas

Walaupun kehadiran AC mulai menggeser kipas, tidak menjadikan kipas dilupakan. Bahkan kipas masih banyak dijadikan perangkat alternatif yang harganya lebih murah dibandingkan dengan AC.

Kipas memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari, terutama di daerah yang padat penduduk seperti perkotaan atau daerah yang udaranya sangat panas. Lebih jelasnya simak manfaatnya sebagai berikut:

  • Mengganti udara yang kotor menjadi bersih
  • Meningkatkan sirkulasi udara
  • Menghasilkan udara yang lebih segar dan sehat
  • Listriknya lebih hemat dibandingkan dengan AC
  • Menghilangkan bau pengap dan lembab pada ruangan.

Agar kipas lebih awet, harus dibarengi dengan perawatan yang tepat. contohnya membersihkan kawat dan baling-baling kipas paling sedikit dua kali seminggu. Selain itu, agar kipas awet sebaiknya digunakan seperlunya. Agar lapisan chromenya tidak aus lakukan perawatan dengan memberikan pelumas secara berkala.

Jenis-Jenis Kipas

Berdasarkan cara penyimpanannya, kipas angin dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Kipas Duduk

Seperti namanya kipas ini cara penyimpanannya adalah dengan cara di dudukkan. Jenis kipas ini paling banyak ditemukan di pasaran. Kelebihannya lebih praktis, bisa ditempatkan dimana saja dan bisa dipindah-pindahkan.

Baca juga: HARGA KIPAS ANGIN DI BAWAH TIGA RATUS RIBU

Kipas ini terbungkus kawat kerangkeng terbuatdari plastic.Sedangkan kupas yang dibungkus box biasanya dilengkapi kisi kecil yang dapat berputar 360 derajat atau bergerak ke kanan-kiri. Diameter daun kipas berjarak antara 14-20 inchi. Sayangnya kipas ini daya jangkauan anginnya terbatas.

  • Kipas Berdiri

Bentuk kipas duduk tidak jauh berbeda dengan kipas berdiri, perbedaannya pada kipas berdiri dilengkapi dengan tangkai. Umumnya panjang tangkai kipas kurang dari 1 meter, namun ada juga kipas yang tangkainya bisa diatur panjang pendeknya. Model kipas ini bisa dipindahkan kemana saja. Karena lebih tinggi maka jangkauan anginnya lebih luas.

  • Kipas Dinding

Seperti namanya kipas dinding modelnya menyatu dengan dinding biasanya bentuknya segi empat. Kelebihan jenis kipas ini adalah bisa menghembuskan angin ke luar ataupun ke dalam ruangan.

  • Kipas Langit-Langit

Kipas langit-langit adalah kipas yang cara menyimpannya dengan cara digantung secara permanen di langit-langit ruangan rumah. Kipas ini tidak dilengkapi Box. Daun kipasnya berputar tanpa dilberi perlindungan. Karena disimpan di atas langit-langit maka daya jangakauan hembusan anginnya lebih menjangkau ke seluruh bagian bawah ruangan.

  • Kipas Multifungsi

Kipas yang multifungsi ini adalah jenis kipas yang menggabungkan tiga jenis kipas, yaitu: kipas duduk, dinding dan berdiri. Jenis kipas angin multifungsi harganya lebih mahal dibandingkan dengan jenis kipas lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *