Jenis-Jenis Kipas Angin Dan Cara Menggunakannya

hargamesin.org-harga kipasKipas angin adalah peralatan elektronik yang fungsinya memberikan kesejukan pada ruangan. Penggunaan alat ini sudah mulai tergeser dengan hadirnya AC. Namun, walaupun demikian kipas tetap dibutuhkan karena lebih hemat listrik dibandingkan dengan AC. Sehingga memungkinkan untuk dinyalakan terus menerus.

Kekurangan dari kipas angin adalah tidak dapat menurunkan suhu ruangan, hanya mampu menggerakkan udara di dalam ruangan saja. Oleh sebab itu menggunakan alat ini harus dibarengi dengan jendela dan pintu yang terbuka agar panas dalam ruangan bisa bergerak keluar.

Ada beberapa jenis kipas, setiap jenis memiliki perbedaan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Kipas Untuk Meja

Jenis ini memiliki ukuran kurang dari 14 inchi, karena ukurannya tersebut cocok diletakkan di atas meja. Hebusan angin yang keluar tidak terlalu kecang, umumnya memiliki model leher pendek yaitu kurang dari 50cm dengan bagian kaki penopang yang lebar pada bagian bawahnya.

Kipas Duduk

Kipas ini memiliki dua jenis dengan bahan yang berbeda. Ada kipas yang bahannya terbungkus dari plastic keras dan ada juga yang terbungkus oleh kawat. Biasanya model fisiknya dilengkapi kisi-kisi kecil yang bisa berputar 360 derajat atau berpaling ke kanan dan ke kiri. Bentangan diameter daun kipas biasanya berkisar antara 14-20 inchi.

Kipas Berdiri

Seperti namanya, kipas ini disimpan dengan cara diberdirikan. Bentuknya mirip dengan kipas duduk dibungkus kawat. Bedanya kipas berdiri dilengkapi tangkai leher dengan panjang kurang dari 1 meter. Tinggi leher kipas bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kipas ini bisa bergerak ke samping kanan dan kiri sehingga jangkauan areanya bisa lebih luas.

Kipas Dinding

Kipas dinding atau exhaust fan adalah kipas yang bentuknya segi empat. Biasanya dipasang di dinding secara permanen atau di bawah langit-langit rumah. Kipas model ini dapat menghembuskan angin ke dalam dan luar rumah. Bisanya kipas model ini digunakan di tempat-tempat umum, seperti: ruang tunggu kantor, masjid atau di ruang tamu rumah. Model ini memang di buat khusus untuk tempat-tempat tertentu saja.

Kipas Langit-Langit

Kipas ini disebut juga dengan sebutan celling fan. Diletakkan dengan cara digantung secara permanen atau ditempelkan di atas langit-langit rumah. Kipas ini dilengkapi dengan box, bagian daun kipasnya berputar tanpa pelindung apa pun. Karena disimpan di bagian atas rumah, maka hembusan angin mengalir ke bawah. Hembusan angin dari kipas langit-langit lebh luas dibandingkan dengan hembusan angin dari kipas jenis lainnya.

Dengan adanya jenis-jenis kipas angin tersebut, memudahkan memilih kipas sesuai dengan kebutuhan. Agar kipas tetap awet dan tahan lama harus dibarengi dengan perawatan dan menggunakan kipas dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *