Jenis-Jenis dan Harga Mesin Rice Cooker

harga rice cooker terbaru

Rice Cooker atau magic jar merupakan peralatan dapur yang wajib Anda dimiliki. Dengan adanya alat ini proses memasak nasi menjadi lebih efektif dan efisien. Untuk harga rice cooker beragam. Perbedaan harga rice cooker bisa karena merk atau kualitas.

Pengertian dan Fungsi Rice Cooker

Sebagian orang menyebut dan menganggap rice cooker sama dengan magic com atau magic jar. Pada dasarnya rice cooker dan magic com memiliki fungsi dan manfaat yang sama, yaitu untuk memasak dan menghangatkan nasi.

Namun perbedaannya adalah pada lapisan panci. Penanak nasi rice cooker tidak menggunakan lapisan anti lengket, sehingga nasi yang dimasak akan lengket. Berbeda dengan magic jar atau majic com yang sudah dilengkapi lapisan anti lengket.

Selain itu perbedaan rice cooker dengan magic com adalah kemampuan menghangatkan nasi. Rice cooker mampu menghangatkan hingga 24 jam, sedangkan magic jar bisa sampai 24 jam.

Dulu, rice cooker hanya digunakan sebagai penanak nasi dan menghangatkan, kini fungsinya mulai berkembang ada yang bisa untuk menghangatkan lauk, mengkukus dan membuat bubur. Umumnya rice cooker dilengkapi fitur, seperti: quick coock, slow cook, keep warm, delay timer, stram tray dan logic smart.

Karena semakin beragam pilihan model dan fungsinya membuat sebagian orang kebingungan memilih rice cooker yang harus dibeli. Untuk itu kami akan memberikan informasi kepada pembaca mengenai jenis-jenis rice cooker dalam pembahasan di bawah ini.

Baca Juga: TIPS MERAWAT DAN MEMBELI HARGA RICE COOKER

Jenis-Jenis Rice Cooker

Rice cooker bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: pot style dan cool touch. Rice cooker jenis pot style lebih mudah penggunaannya dan tersedia beragam jenis ukuran mulai dari 3 sampai 30 buah gelas beras. Kelebihan lainnya race cooker pot style adalah bisa memasak otomatis dan berhenti ketika sudah matang. Panci bagian dalamnya bisa dibuka lepas sehingga lebih mudah saat membersihkan beras dan mencuci pancinya.

Sedangkan rice cooker jenis cool touch didesain memiliki tutup engsel yang fungsinya menjaga uap air dan kelembapan. Tersedia dalam beberapa ukuran mulai dari 4 sampai 10 buah gelas beras. Cara memasaknya sama dengan pot style, namun sayangnya rice cooker jenis ini pancinya tidak bisa dilepas. Namun rice cooker tetap dingin jika dipegang walaupun sedang proses memasak.

Harga rice cooker baik yang jenisnya pot style dan cool tuch beragam, tergantung merk dan kualitasnya. Umumnya harga rice cooker di bandrol mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

Demikian ulasan mengenai dua jenis rice cooker, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa memilih dengan menyesuaikan budget dengan harga rice cooker yang diinginkan. Jika budget belum mencukupi tidak ada salahnya untuk mengumpulkan kekurangan badget agar bisa mendapatkan rice cooker yang berkualitas. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *