Jenis-Jenis Chain Saw Berdasarkan Daya Pengoperasiannya

Gergaji merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memotong atau membelah kayu dan berbagai barang lainnya dengan logam pemotong atau kawat yang keras dan bergerigi sebagai matanya. Gergaji sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni gergaji manual dan gergaji mesin atau yang lebih dikenal dengan sebutan chain saw. Disebut gergaji mesin karena gergaji tersebut dilengkapi dengan mesin yang mana membutuhkan bahan bakar atau daya listrik untuk dapat mengoperasikannya. Dari sekian banyak jenis gergaji mesin, 4 di antaranya dibedakan berdasarkan daya/bahan bakarnya, yaitu:

  • Gergaji mesin berbahan bakar bensin.

Jenis gergaji mesin satu ini merupakan yang paling populer di antara pengguna gergaji profesional maupun pengguna gergaji yang hanya sesekali memakainya. Sesuai dengan namanya, gergaji mesin ini hanya dapat dioperasikan dengan bahan bakar berupa bensin. Gergaji ini memiliki mesin 2 tak atau 2 siklus dengan menggunakan campuran bensin dan minyak agar dapat beroperasi dengan optimal. Bensin diperlukan sebagai bahan bakar sedangkan minyaknya sebagai pelumas bagian dalam mesin untuk mencegah kehausan dan kerusakan.

  • Gergaji mesin tenaga listrik.

Ini mengacu pada jenis gergaji mesin yang lebih kecil yang memiliki kabel daya plug-in dan menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikannya. Gergaji ini tidak dilengkapi dengan mesin berbahan bakar melainkan harus disambungkan langsung ke colokan listrik agar dapat menggunakannya. Penggunaan chain saw ini mungkin saja akan membutuhkan genset portable yang dibawa dalam kendaraan sebagai pengganti tenaga listrik rumahan atau gedung, terutama jika akan memakainya untuk menebang atau memotong pohon/kayu di hutan.

  • Gergaji mesin bertenaga baterai.

Gergaji mesin ini juga sering disebut dengan gergaji tanpa kabel (cordless chain saw) karena sesuai dengan namanya, gergaji mesin ini hanya membutuhkan suplai tenaga baterai untuk dapat mengoperasikannya, bukan bahan bakar bensin atau colokan tenaga listrik. Baterai yang ada pada gergaji mesin ini juga dapat diisi ulang. Namun tentunya karena gergaji ini menggunakan baterai isi ulang sebagai tenaga pengoperasiannya, maka Anda harus selalu memastikannya sudah dicharge ulang sebelum menggunakannya. Tentu sedikit repot jika ternyata Anda sampai melewatkan waktu mengisi ulang baterai gergaji mesin ini.

  • Gergaji mesin dengan tonggak (pole chain saw).

Gergaji mesin dengan tonggak atau pole chainsaw mengacu pada sebuah gergaji kecil dengan tonggak extension (dapat dipanjang-pendekkan) dan pada dasarnya digunakan untuk meningkatkan jangkauan Anda untuk memangkas atau memotong batang pohon atau benda-benda lain yang letaknya cukup tinggi atau tidak terjangkau oleh Anda. Meski tidak masuk spesifikasi khusus gergaji mesin, namun gergaji dengan tonggak ini ada yang menggunakan tenaga bahan bakar (bensin), listrik maupun baterai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *