Jadikan Performa Mesin Motor Memuaskan dengan 4 Tindakan Ini!

Jadikan Performa Mesin Motor Memuaskan dengan 4 Tindakan Ini!

Memiliki motor membuat Anda harus selalu memperhatikan mesin motor tersebut sebab kalau dirawat dengan baik maka akan awet dan tidak mudah rusak. Tentu membuat frustasi ketika kendaraan bermotor yang dimiliki rutin menyambangi bengkel lantaran mengalami kerusakan yang bermacam-macam. Semakin tua umur sebuah kendaraan memang persoalan rusak semakin bervariasi dan semakin sering terjadi. Akan tetapi kalau sang pemilik memberikan perawatan maksimal pada mesin kendaraan tersebut dijamin bebas keluhan semacam ini, lalu apakah Anda sudah melakukan perawatan dengan benar?

Jadikan Performa Mesin Motor Memuaskan dengan 4 Tindakan Ini!

Supaya Mesin Kendaraan Tetap Prima

Menjaga dan merawat mesin pada kendaraan adalah kewajiban dan menyenangkan jika paham bagaimana kiat-kiat dan langkah-langkahnya. Supaya tidak gagap dengan kebutuhan tersebut maka berikan perawatan ini pada mesin kendaraan Anda:

  • Memperhatikan kualitas dan intensitas penggantian oli,

Oli merupakan cairan yang berfungsi melumasi dan melapisi mesin pada motor sehingga mencegah gesekan untuk menghindari overheat dan pengeroposan. Maka penting untuk memperhatikan kualitas oli yang digunakan, wajib sesuai dengan spesifikasi motor yang digunakan. Jangan pula sampai terlupa untuk ganti oli secara berkala sebab sekali kering kerusakan fatal bisa mengancam.

  • Rajin melakukan tune up ke bengkel,

Kegiatan tune up kerap diabaikan oleh mereka yang punya sepeda motor karena memang dirasa tidak penting. Padahal meski termasuk perawatan yang murah tetap saja manfaatnya mampu menjadikan performa mesin motor senantiasa prima. Maka jangan ragu ataupun malas untuk melakukan perawatan tersebut ke bengkel langganan Anda sehingga motor tetap nyaman dipacu ke jalan raya. Biasanya perawatan satu ini akan membersihkan seluruh bagian mesin dan berkat mesin yang bersih dijamin performanya memuaskan.

  • Pemakaian motor secara bijak,

Kalau sudah rajin ke bengkel untuk service ataupun sekedar tune up dan juga sudah rajin mengganti oli, tapi kok mesin pada motor lumayan soak terus? Nah, Anda tentu perlu memeriksa pula bagaimana riwayat pemakaiannya selama ini. sebab banyak orang tanpa sadar memaksa motor dipakai secara berlebihan dan kurang sesuai dengan spesifikasinya maka kerusakan mudah dialami. Baiknya gunakan dengan wajar baik dari segi kecepatan maupun gaya berkendara Anda, jadi aman di jalan dan mesin pun awet.

Baca Juga Ulasan Seputar Komponen dan Fungsi dari Mesin Motor

  • Wajib menjaga kebersihan motor tersebut,

Membiarkan motor dalam kondisi kotor untuk waktu yang lama adalah kebiasaan buruk, sebab selain memperlihatkan pemiliknya super jorok. Ternyata noda pada motor sekecil apapun kalau sampai masuk ke area mesin akan menjadi penyebab penurunan performa dan kerusakan jenis tertentu. Padahal mencuci motor bukan pekerjaan berat bahkan dengan modal uang terbatas bisa minta dikerjakan salon cuci motor terdekat. Minimal pencucian motor dilakukan sekali dalam seminggu, kalau dijalankan dijamin mesin motor performanya tak pernah mengecewakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *