Jadikan Mesin Diesel Selalu Awet dengan 4 Tips Perawatan Pintar Ini

Pemakaian mesin diesel tentu kerap dijadikan pilihan untuk berbagai kebutuhan, baiknya memang memilih yang berkualitas. sebab bisa jadi intensitas penggunaan mesin satu ini terbilang lumayan sering bahkan sangat sering dan kalau mutunya jelek maka umurnya akan sebentar. Kunjungi toko yang tepat supaya mendapatkan pilihan yang juga handal, pahami bagaimana menentukan pilihan dilihat dari segi spesifikasi, harga, maupun mereknya. Setelah menemukan yang terbaik maka usahakan untuk memberi perawatan yang layak, supaya menjadikan umurnya lebih panjang.

Merawat Mesin Jenis Diesel Secara Tepat

Sebagai mesin yang kerap digunakan untuk membantu proses pertanian maupun di bidang industri, tentunya membutuhkan perawatan tepat secara berkala. Bentuk perawatannya tidak berbeda jauh dengan saudaranya, yakni mesin genset, dan diantaranya adalah:

  • Memperhatikan kebersihan mesin,

Mesin apapun akan lebih awet apabila dijaga kebersihannya sebab debu maupun kotoran jenis lain bisa menyumbat kinerja komponen di dalam mesin. Perlahan menjadi aus dan merusak sebagian besar komponen hingga rusak parah. Maka bersihkan diesel yang dimiliki secara teratur karena terbukti 50% bisa mencegah kerusakan yang fatal atau parah.

  • Gunakan mesin sesuai prosedur dari pabrik,

Sebagaimana mesin buatan pabrik jenis lainnya, penggunaan mesin diesel juga memiliki aturan yang biasanya disampaikan di buku panduan. Sayangnya tidak semua pemilik mesin ini sudi membaca buku panduan tersebut dan merasa sudah pintar sendiri. Padahal kerusakan mesin satu ini kerap terjadi karena digunakan diluar prosedur, misal sederhananya adalah saat memastikan mesin. Usahakan tetap dibiarkan menyala selama beberapa menit baru dimatikan sehingga arusnya komponen di dalam bisa dihindari melalui prosedur ini.

  • Ganti oli dan solar secara teliti,

Mesin jenis diesel membutuhkan pelumas atau oli yang juga wajib sekali untuk diganti atau diisi ulang secara teratur. Gunakan oli berkualitas untuk mencegah kerusakan atau komponen mesin menjadi aus dan karatan. Ganti secara berkala dan usahakan jangan menunggu sampai kering sebab bisa memicu kerusakan level parah. Begitu pula soal bahan bakar dimana akan memerlukan solar, pastikan jangan sampai tangki bahan bakar kosong. Sebab jika terjadi maka mesin cenderung mudah macet bahkan setelah tangki diisi.

  • Memperhatikan komponen di dalamnya,

Pemeriksaan terhadap komponen di dalam mesin satu ini juga penting untuk dilakukan secara rutin. Sebab dijamin semua komponen di dalamnya perlu diganti secara teratur, bahkan ketika terlihat akan aus. Penggantian bertujuan melakukan regenerasi supaya kinerja diesel tetap optimal dan layaknya mesin baru meskipun sudah dipakai lumayan lama. Kunjungi tukang service diesel untuk hasil pengecekan secara menyeluruh dan maksimal, kemudian bisa mendapatkan komponen berkualitas. Kalau sudah dilakukan maka mesin diesel tidak hanya awet namun performanya lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *