Jadikan Mesin Bor Lebih Awet dengan 4 Perawatan Ini!

Untuk urusan pertukangan otomatis Anda memerlukan beberapa alat bantu bekerja, dan salah satunya adalah mesin bor. Mesin jenis ini dipakai untuk membuat lubang baik di dinding, kaca, ataupun pada material kayu untuk berbagai keperluan. Lubang di dinding dibuat untuk memasang paku karena untuk dinding beton memakai palu dan paku akan terasa percuma. Itupun perlu memakai paku dari baja bukan paku yang lainnya, dan untuk pekerjaan lebih rapi dan cepat maka dinding perlu dibor dulu dengan alat ini.

Merawat Mesin Jenis Bor

Mesin untuk mengebor material tertentu ini akan lumayan sering digunakan, bahkan oleh Anda yang suka memasang dan memperbaiki apapun di rumah sendiri. Ketika memilikinya jangan lupa dirawat sebaik mungkin karena harganya tidak murah, dan berikut langkah perawatannya:

  • Lepas mata bor setiap habis digunakan,

Ketika usai digunakan maka mata bor usahakan untuk dilepas, sebab jika masih terpasang akan beresiko menjadi tumpul. Sebab rentan berbenturan dengan peralatan lain untuk kebutuhan pertukangan, dan jika membeli baru tentu biayanya lumayan meski sekedar mata bor. Maka lepas usai digunakan agar awet dan hasil mengebor dinding, kayu, dan sebagainya tetap maksimal.

  • Sediakan wadah khusus untuk penyimpanan,

Memiliki mesin bor memberikan teguran bagi Anda untuk menyediakan pula yang namanya wadah penyimpanan. Terlebih untuk koleksi mata bor yang dijamin lumayan beragam khususnya oleh Anda yang kebetulan berprofesi sebagai tukang. Mata bor ini perlu ditata ketika disimpan supaya ketika hendak dipakai nantinya mudah ditemukan dan diambil. Pekerjaan yang dilakukan tidak akan memakan waktu lama, dan saat mesin tersimpan baik otomatis akan lebih awet.

  • Jauhkan dari kelembaban dan cairan,

Mesin jenis bor ini bisa dikatakan sebagai perangkat elektronik karena sebelum digunakan perlu dihubungkan dulu dengan stop kontak. Adanya sifat elektronik di dalamnya otomatis memberi informasi kalau komponen yang menyusunnya juga perlu dirawat dari yang namanya kelembaban dan cairan. Jangan sampai terendam maupun terkena tumpahan zat cair, pastikan selalu dalam kondisi kering supaya tidak ada komponen yang berkarat dan mati total. Selain itu sediakan tempat penyimpanan yang kering karena kelembaban mengundang korosi.

  • Gunakan sesuai dengan aturan pakainya,

Penggunaan mesin satu ini pun baiknya disesuaikan dengan informasi yang tercantum di dalam buku panduan. Misalnya, wajib digunakan sesuai dengan jenis mata bor yang dipakai apakah untuk dinding beton, kayu, atau material lainnya. Kalau mata bor untuk kayu dipakai membuat lubang bor ke dinding beton maka akan kurang maksimal dan mudah rusak. Maka penting untuk memahami cara pakai dari mesin bor ini supaya tetap awet sebab bisa jadi dibutuhkan sewaktu-waktu sehingga tidak bingung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *