Inilah Penyebab Mesin Motor Cepat Panas yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Penyebab Mesin Motor Cepat Panas yang Perlu Anda Ketahui

Bagi anda yang memiliki motor mungkin pernah mengalami kondisi mesin motor yang cepat panas. Tentunya saat suhu mesin sepeda motor anda meningkat maka anda perlu tahu apakah suhu panas tersebut masih dalam kondisi yang wajar atau tidak. Sebab bila anda mengabaikan kondisi tersebut maka bisa berdampak pada mesin sepeda motor anda yang akan cepat rusak. Maka untuk itulah sebaiknya anda perlu mengetahui apa saja penyebab mesin sepeda motor cepat panas. Berikut ini akan dijelaskan penyebab mesin sepeda motor cepat yang panas yang perlu anda ketahui.

Inilah Penyebab Mesin Motor Cepat Panas yang Perlu Anda Ketahui

  1. Proses Pembakaran yang Kurang Maksimal
    Penyebab mesin motor cepat panas yang pertama yaitu proses pembakaran yang tidak maksimal karena beberapa faktor. Dimana faktor yang dimaksud tersebut adalah penyetelan timing yang tidak pas sehingga bahan bakar yang telah diproses oelh karburator akan terbakar sebelum waktunya. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh busi yang terlalu rapat atau juga renggang. Selain itu, penggunaan bahan bakar uang tidak sesuai standar bisa membuat mesin menjadi cepat panas sebab proses pembakarannya tidak sempurna. Penyetelan angin-angin karburator dan skep yang tidak tepat bisa menjadi pemicu mesin cepat panas.
  2. Salah Dalam Memilih Oli Mesin
    Perlu anda ketahui bahwa sebetulnya oli mesin memiliki standar sendiri dan juga disesuaikan dengan iklim sebuah negara pengguna motor tersebut. Untuk itulah sebaiknya gunakan oli yang sudah direkomendasikan oleh pihak produsen motor atau bisa memilih oli merk lain namun memiliki spesifikasi yang sama. Biasanya penggunaan oli yang tidak tepat akan mendeposit kerak secara lebih cepat di ruang bakar sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan piston dan membuat mesin cepat panas.
  3. Busi yang Tidak Sesuai Standart
    Terdapat dua jenis busi pada motor yaitu busi dingin dan busi panas. Untuk busi panas biasanya digunakan pada motor yang sehari-hai dipakai sedangkan busi dingin digunakan untuk motor balap. Busi yang sudah aus biasnaya akan menghasilkan percikan api yang tidak besar atau tidak stabil. Slain itu busi yang renggang juga menyebabkan pengapian yang buruk sehingga menjadikan mesin motor lebih cepat panas.
  4. Penyetelan Klep yang Tidak Sesuai
    Setelan klep juga harus tepat sesuai aturan dan lakukan pengecekan secara rutin klep tersebut untuk mengetahui apakah sudah aus atau tidak. Bila klep yang aus tidak segera diatasi maka bisa berdampak parah dan merambat pada bagian mesin lainnya. Saat katup mesin berada pada posisi yang tidak tepat maka akan menjadikan asupan bahan bakar semakin tidak sempurna sehingga mesin menjadi lebih cepat panas yang ditandai munculnya suara yang menggelitik.

Baca juga: Cara Merawat Mesin Motor Agar Terhindar dari Kerusakan

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab mesin motor lebih cepat panas yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang selama ini memilih masalah dengan mesin sepeda motor yang cepat panas sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab hal tersebut bisa anda atasi denga mengetahui  penyebab-penyebabnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *