Inilah Klasifikasi Gergaji Mesin yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Klasifikasi Gergaji Mesin yang Perlu Anda Ketahui

Untuk memudahkan dalam proses pemotongan kayu atau pohon-pohon besar biasanya sering digunakan gergaji mesin. Dimana mesin yang satu ini memang memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan gergaji manual pada umumnya, Perlu anda ketahui bahwa ternyata mesin untuk menggergaji tersebut juga mempunyai konstruksi yang beragam. Dimana konstruksi tersebut bisa disesuaikan dengan ukuran, bentuk serta jenis material benda kerja yang akan dipotong menggunakan mesin tersebut.

Inilah Klasifikasi Gergaji Mesin yang Perlu Anda Ketahui

Pada dasarnya gergaji mesin dibuat dari bahan logam yang keras dengan tepi yang tajam dan kasar sehingga mampu memotong benda yang keras. Selain itu dengan tepi yang bergerigi menjadikan proses pemotongan bisa berjalan secara maksimal. Untuk itulah kini telah hadir berbagai jenis mesin untuk menggergaji yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan serta jenis pekerjaan pemotongan yang akan dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan klasifikasi mesin untuk menggergaji yang perlu anda ketahui.

  • Hacksaw Machine

    Mesin yang satu ini disebut juga dengan gergaji mesin bolak-balik. Dimana untuk mesin ini mempunyai pisau gergaji yang panjangnya berkisar antara 300mm hingga 90mm. Untuk ketebalannya 1,25mm hingga 3 mm. Untuk jumlah gigi rata-rata mesin ini yaitu antara 1-6 gigi perinchi serta menggunakan material HSS. Karena gerakan mesin ini bolak-balik maka waktu yang dibutuhkan untuk memotong benda adalah 50%. Tentunya hal ini sangat menghemat waktu serta mempercepat proses pekerjaan pemotongan benda-benda yang dianggap cukup sulit bila dipotong menggunakan alat manual.

  • Cirvular Sawa

    Gergaji mesin ini disebut juga mesin piringan karena terdapat pirigan pada bagian giginya. Mesin ini mempunyai diameter piringan antara 200-400 mm serta ketebalannya 0,5mm. Untuk ketelitian gerigi pada keliling piringan mempunyai ketinggian antara 0,25-0,50 mm. Saat menggergaji menggunakan mesin ini biasanya dibutuhkan cairan pendingin. Sedangkan toleransi yang bisa dicapai dengan menggunakan mesin ini yaitu antara 0,5 – 1,5 mm.

  • Band Saw

Mesin ini disebut juga dengan gergaji mesin pita. Pada umumnya mesin untuk menggergaji dipakai sebagai pemotongan bidang yang lurus. Namun berbeda halnya dengan band saw. Sebab mesin ini memiliki keunikan yang mampu melakukan pemotongan benda dengan bentuk-bentuk yang tidak lurus atau lengkung secara tidak beraturan. Saat melakukan proses penggergajian biasanya mesin ini mampu memiliki kecepatan pita gergaji yang bervariasi mulai dari 18 meter permenit hingga 450 meter per menit. Kecepatan tersebut memang sengaja disesuaikan dengan kebutuhan pemotongan berbagai jenis benda supaya hasilnya maksimal dan memuaskan.

  • Jig Saw

    Mesin yang satu ini merupakan mesin gergaji yang digunakan untuk menggergaji dengan berbagai bentuk kurva hingga lengkungan sampai bentuk lurus. Prinsip kerja mesin ini adalah naik turun sehingga mampu memotong pola yang tidak lurus dan berbeda dengan gergaji pada umumnya.

Baca juga: Cara Menggunakan Gergaji Mesin dengan Aman

Demikianlah penjelasan mengenai klasifikasi gergaji mesin yang bisa menambah wawasan anda. Melalui informasi di atas, untuk anda yang membutuhkan mesin untuk menggergaji maka ketahui terlebih dahulu klasifikasinya supaya anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta tipe dari mesin tersebut sehingga hasil pemotongannya bisa lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *