Inilah Beberapa Jenis Mesin Bubut yang Ada Saat Ini

Inilah Beberapa Jenis Mesin Bubut yang Ada Saat Ini

Tak bisa dipungkiri jika dunia teknologi memang saat ini sudah berkembang dengan amat pesat. Tidak heran jika kini banyak juga teknologi baru yang membantu dalam kehidupan manusia sehingga bisa menjadi lebih mudah. Banyak juga mesin-mesin yang muncul untuk memudahkan pekerjaan. Mungkin Anda sudah mengenal salah satu mesin yang banyak dipakai di keseharian yakni mesin bubut. Mesin yang satu ini bisa dibilang merupakan mesin penting yang sudah banyak dipakai dalam segala jenis industri serta manufaktur.

Inilah Beberapa Jenis Mesin Bubut yang Ada Saat Ini

Mesin yang satu ini sebetulnya termasuk di dalam mesin klasik. Mesin ini sudah ada bahkan konon semenjak masa Eropa industri di tahun 1900-an awal. Untuk saat ini, mesin jenis bubut memang banyak sekali dipakai baik di industri kecil hingga industri besar sekalipun. Berikut ini beberapa jenis mesin bubut yang ada di pasaran:

  • Mesin Centre Lathe

Untuk mesin jenis yang satu ini menjadi jenis mesin yang paling banyak dipakai. Untuk prosesnya sendiri memakai poros spindle dengan chuch berahang di bagian satu sisinya untuk alat cengkram material. Rahang inilah yang menjadi pusat dari sumbu dan sisinya menjadi pemutarnya. Mesin Centre Lathe ini bisa ditemukan dengan mudah di toko mesin atau Anda juga bisa memesannya.

  • Mesin sabuk

Untuk jenis yang kedua adalah mesin sabuk. Mesin ini memiliki bagian poros spindle kerja dengan terikat di sabuk. Untuk putaran pada poros jadi penggerak putaran sabuknya yang lingkari pada roda gigi. Dari roda gigi inilah yang jadi kunci membuat ulir serta pemotongan materialnya. Di ujung rangkaian roda giginya ada eretan pahat dimana bergerak memutar konstan dengan translasi sehingga membentuk ulir.

  • Mesin vertical turning

Mesin vertical turning bekerja dengan otomatis. Untuk porosnya akan mengeset dengan sendirinya pada cengkraman material. Untuk penentuan bentuk akhir pada hasil potongannya cukup dengan seorang operator saja. Nantinya hasil dari potongan akan sesuai dengan pengaturan yang ada di awal tadi.

  • Mesin Facing Lathe

Mesin Facing Lathe merupakan kategori mesin yang mengerjakan material dengan bentuk piringan. Untuk cakram di atas piringannya ada di sisi dasar dengan berupa plat besar dan kemudian proses pembubutannya bekerja di kedua sisi piringannya.

Baca juga Tips Merawat Mesin Bubut Sederhana dengan Benar dan Tepat

Itulah beberapa jenis mesin bubut yang banyak dipakai secara umum. Sebetulnya masih ada jenis lainnya untuk mesin ini, namun keempat mesin tersebut adalah yang paling sering dipakai untuk industri secara umum. Bagi Anda yang membutuhkannya mesin dengan jenis apapun itu, maka bisa langsung membelinya di toko mesin. Namun jika memang tidak tersedia, maka bisa juga memesannya di teknisi mesin terpercaya sesuai spesifikasi yang Anda minta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *