Inilah 5 Langkah Perawatan untuk Alat Berat Agar Awet

Inilah 5 Langkah Perawatan untuk Alat Berat Agar Awet

Alat berat dapat berupa seperti pertambangan, industri atau peralatan pertanian. Mesin berat sangat membutuhkan perawatan yang konstan agar tetap berfungsi dengan baik. Sebaliknya, peralatan mesin berat yang tidak dirawat dengan baik berjalan tidak efisien. Kerusakan yang mahal dan keamanan juga merupakan pertimbangan penting.

Inilah 5 Langkah Perawatan untuk Alat Berat Agar Awet

Berikut adalah lima kiat teratas untuk pemeliharaan mesin berat, yaitu:

  • Tetap di atas pelatihan operator mesin berat.

Banyak jenis mesin berat memiliki banyak operator. Salah satu inspeksi yang sedang berlangsung pada setiap daftar periksa harus mengawasi pengoperasian peralatan yang benar. Mesin berat harus diperiksa segera setelah dibeli. Pelatihan operator biasanya dilakukan pada saat itu, tetapi pelatihan harus terus dilakukan.

  • Tambahkan dan uji pelumas secara berkala.

Pelumas mengurangi gesekan di sekitar bagian yang bergerak. Jadwal perawatan pelumasan yang baik memperpanjang umur peralatan dan suku cadang mesin berat. Pelumasan adalah salah satu pemeriksaan pemeliharaan pertama dan terpenting. Carilah tanda-tanda kelebihan minyak atau penumpukan lemak pada piston. Periksa kebocoran di sekitar segel minyak. Pastikan untuk menggunakan pelumas yang tepat.

  • Periksa tanda-tanda aus.

Getaran, guncangan, suhu tinggi, gesekan, dan usia, semuanya berkontribusi terhadap kerusakan bagian-bagian dari alat berat. Getaran bisa datang dari gigi dan sabuk yang tidak sejajar, kejutan bisa datang dari kecelakaan dan dari teknik operator yang buruk. Temperatur yang tinggi dapat berasal dari penggunaan yang panjang, gesekan, pelumasan yang buruk dan bagian yang aus, di antara alasan lainnya. Usia mempengaruhi banyak komponen kunci. Seiring waktu, ikat pinggang akan melengkung.

Baca juga: Petani Kesulitan Kalau Tidak Ada Mesin Traktor

  • Jagalah kebersihan mesin berat, dan jagalah lingkungan yang bersih.

Ada banyak segel dan filter di mesin berat untuk menjaga bagian-bagian yang bersih dan bebas dari kontaminasi. Segel harus diperiksa secara teratur untuk memastikan kondisinya baik. Filter harus diperiksa dan diubah secara teratur. Peternak harus tetap bersih untuk menghindari membuat ruang hampa di kabin yang akan menyedot kontaminan ke dalam kabin.

  • Memiliki jadwal perawatan dan perbaikan.

Cairan, ban, trek, dan sistem kelistrikan adalah salah satu komponen yang harus diperiksa secara teratur untuk pemeliharaan preventif. Ketahui apa yang perlu diperiksa dan kapan. Transmisi daya memiliki banyak bagian yang bergerak yang perlu dipertahankan dalam kondisi prima. Gearbox perlu diperiksa untuk pelumasan, getaran, dan kerusakan pada bagian. Bahan gesekan, segel, gasket dan bantalan semua harus diperiksa untuk dipakai dan diganti.

Mesin berat harus disimpan di gudang atau bangunan lain jika memungkinkan. Paparan angin dan cuaca dapat menyebabkan karat dan busuk. Mesin harus dijalankan secara berkala jika tidak digunakan. Mesin yang berkarat dan operasi yang buruk menyebabkan kerusakan. Oleh sebab itulah penting sekali bagi Anda untuk melakukan perawatan secara teratur pada alat berat agar dapat beroperasi dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *