Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Mesin Cuci Piring

Selama beberapa generasi, waktu setelah makan merupakan awal tugas berat yang menanti: mencuci piring. Penemuan mesin cuci piring atau dishwasher machine telah banyak mengubah itu semua. Sudah banyak ibu rumah tangga yang dapat mengganti waktu mencuci piring untuk bersantai-santai, memanjakan diri atau melakukan pekerjaan rumah lainnya. Namun, segala sesuatu yang menjadi ciptaan manusia tentu ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tak terkecuali mesin pencuci piring ini. Sebelum membahas apa yang jadi kekurangannya, berikut ini beberapa kelebihan memakai mesin pencuci piring:

Baca juga: Ini Dia Beragam Jenis dan Harga Mesin Cuci Piring Modern yang bisa Anda Pilih Sesuai dengan Kebutuhan Anda

  • Kenyamanan.

Mungkin keuntungan terbesar menggunakan mesin pencuci piring adalah kenyamanan dan sisa waktu yang cukup banyak. Alih-alih berdiri di depan bak dengan menggosok dan membilas piring dengan tangan, cukup masukkan piring dan gelas kotor ke mesin, tekan tombolnya dan biarkan mesin untuk cuci piring melakukan pekerjaan itu. Mesin pencuci piring menghemat waktu, juga bisa membuat piring Anda lebih bersih. Pencuci piring umumnya memanaskan air sampai 140 derajat, yang jauh lebih panas daripada yang bisa ditoleransi kebanyakan orang dan membersihkan dan membersihkan piring dengan lebih efektif dan tentu saja, higienis.

  • Hemat energi.

Tak hanya waktu saja yang bisa Anda hemat dari penggunaan mesin pencuci piring. Anda bisa menghemat pemakaian energi, baik energi diri Anda sendiri dan air. Dimana sebuah riset yang dilakukan Departemen Energi menunjukkan bahwa penggunaan mesin cuci piring dapat menghemat setidaknya 5000 galon air lebih sedikit tiap tahunnya dibanding dengan mencuci piring cara manual. Tentu hal ini sama saja membantu Anda melestarikan lingkungan.

Meski mesin pencuci piring membawa dampak positif terhadap kehidupan Anda dan lingkungan, tetap saja ia juga memiliki kekurangan yang di antaranya adalah:

  • Sabun pencuci piring.

Mencuci piring dengan mesin memerlukan penggunaan sabun pencuci piring yang dirancang khusus untuk mesin. Menggunakan sabun piring konvensional akan menghasilkan terlalu banyak busa yang dapat merusak mesin. Sayangnya, sabun pencuci piring khusus mesin ini harganya juga jauh lebih mahal daripada sabun pencuci piring biasa dan beberapa jenis di antaranya kurang ramah lingkungan dan seringkali masih meninggalkan noda pada perlengkapan makan Anda.

  • Kerusakan.

Meskipun pada dasarnya mesin cuci piring dapat mensterilkan peralatan makan dengan lebih baik daripada dengan mencuci piring secara manual namun tetap saja mesin ini memiliki kekurangan, sekuat apapun mesin pencuci piring tetap akan sesekali meninggalkan sisa-sisa makanan, terutama yang sudah terlalu kering atau berlemak. Selain itu, beberapa peralatan makan yang sensitif, seperti pisau, panci anti lengket, dan peralatan dari kayu bisa jadi rusak di dalam mesin sehingga Anda tetap perlu mencucinya dengan tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *