Ini Dia Cara Memilih dan Memasang Pompa Air dengan Baik

Kebutuhan untuk Air tentunya menjadi hal utama dalam kebutuhan rumah tangga maupun makhluk lainnya. Air sangat dibutuhkan untuk minum, memasak, mencuci, dan juga keperluan sehari-hari lainnya. Sebagian rumah memilih untuk menggunakan layanan air PDAM. Akan tetapi karena terkadang hanya mengalir saat tengah malam saja sehingga tidak bisa memenuhi untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Saat ini masih banyak juga masyarakat yang menggunakan sumber air dengan sumur. Oleh karena itu memakai pompa air masih sangat mendominasi. Dikota-kota meskipun mereka sudah menggunakan layanan PDAM tidak jarang ada yang masing menggunakan pompa untuk air.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan air, menggunakan satu buah mesin pompa ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk mengambil air dari dalam sumbernya. Karena kebutuhan akan air tidak bisa digantikan dengan yang lain maka untuk memudahkannya biasanya orang membuat tower air. Sehingga air akan bisa naik dari dalam sumur dan bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Sekarang ini ada banyak jenis pompa yang beredar dipasar, dari berbagai merk serta tipe yang berbeda-beda.

Agar Anda bisa membeli pompa sesuai dengan kebutuhan Anda perlu memperhatikan beberapa tips untuk memilih pompa berikut ini:

  • Kedalaman Air.
  • Jenis mesin Pompa
  • Spesifikasi mesin Pompa
  • Suara Pompa itu Sendiri
  • Volume Air yang di hasilkan pompa
  • Daya Listrik pompa.
  • Soal Daya Listrik Jet Pump
  • Ketinggian Tower air.
  • Budget dari Anda.

Setelah Anda membeli pompanya inilah cara untuk Anda Memasang pompa air:

  1. Menempatkan mesin sedekat mungkin dengan sumber air. Dengan demikian akan memperkecil dan memperpendek jarak antara pipa hisap fungsinya sehingga akan menambah daya semburan pipa dorong. bila hal ini tidak memungkinkan sebab pertimbangan untuk ruangan, jarak maksimal dari pipa terhadap sumur pompa harus dibatasi sesuai dengan tinggi hisapnya.
  2. Sebisa mungkin saat menempatkan pompa ini harus terlindung dari hujan, panas atau genangan air lainnya.
  3. Tempatkan pompa pada tempat yang mudah diperiksa sewaktu-waktu.
  4. Jumlah tikungan dalam tampungan pipa air ini haruslah sedikit agar tidak ada masalah kedepannya.
  5. memasang pipa dari mesin secara vertikal ke dalam sumur
  6. Pompa akan otomatis untuk menyalurkan air ke dalam tower air
  7. Jangan sampai ada kebocoran pada pipa
  8. Pipa hisap dipasang secara horizontal atau miring agar mencegah udara terperangkap di dalam pipa.

Membeli pompa air sesuai dengan kebutuhan Anda akan mempermudah Anda dalam menggunakan dan membuat budget Anda bisa digunakan untuk keperluan air. Kebutuhan akan air memang tidak bisa untuk dihilangkan. Air adalah sumber dari kehidupan manusia sehingga bagaimanapun atau cara apapun akan dilakukan oleh manusia untuk mendapatkannya dan dengan mesin pompa mendapatkan air akan lebih mudah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *