Ini Dia Beberapa Kategori Vacum Sealer yang Bisa Anda Pilih

Anda sedang bingung mencari sistem pengemasan kedap udara, yang dapat membuat berbagai bahan makanan yang Anda simpan menjadi lebih awet dan tahan lama? Mungkin mesin yang satu ini, dapat menjadi salah satu solusi tepat yang dapat Anda gunakan untuk membuat makanan menjadi lebih tahan lama ketika disimpan. Mesin yang memiliki sistem kerja dengan cara menyedot udara yang ada pada sebuah kemasan makanan ini, mampu membuat ruang penyimpanan pada kemasan makanan menjadi hampa udara, sehingga mampu menekan pertumbuhan bakteri penyebab pembusukan makanan menjadi lambat pertumbuhannya. Mesin yang lebih dikenal dengan sebutan vacum sealer ini, juga dikenal mampu menjaga kesetrilan ruang penyimpanan makanan dalam kemasan.

Mesin penyedot udara dalam kemasan ini, biasanya juga dilengkapi dengan sebuah pemanas, yang memiliki fungsi sebagai alat untuk menciptakan panas pada kemasan, sehingga kemasan yang biasanya terbuat dari bahan plastik akan dapat direkatkan pada bagian ujung atau bagian lain, yang nantinya berfungsi sebagai penutup kemasan dalam makanan. Harga dari alat penyedot udara ini, memang sangat bervarian tergantung ukuran, fungsi dan jenis dari alat yang satu ini.

Dipasaran sendiri, vacum sealer akan dapat kita temui dalam berbagai versi serta merek pembuatan. Namun secara umum, mesin penyedot udara pada kemasan ini, terbagi atas beberapa kategori, yang antara lain adalah:

Baca juga: Tips Memilih Mesin Pengemas Vacum Sealer Yang Berkualitas

  • Continues sealer, merupakan mesin penyedot udara yang memiliki sistem kerja secara terus menerus, dimana mesin ini dapat dioperasikan secara otomatis untuk dapat membentuk pengemasan pada berbagai produk, sesuai dengan namanya.
  • Press and handsealer merupakan mesin sealer yang memiliki bentuk lebih kecil, dimana untuk mengoperasikannya dibutuhkan tenaga manusia untuk memasang kemasan dan menekannya hingga kemasan dapat tertutup dengan rapat.
  • Mesin cup sealer, yang merupakan mesin untuk menutup jenis minuman ataupun makanan yang ditempatkan pada gelas cup plastik.
  • Mini sealer merupakan mesin pengemasan kedap udara dengan bentuk mini seperti sebuah alat straples, yang biasanya banyak digunakan untuk mengemas makanan dalam rumah tangga, mesin ini dioperasikan dengan menggunakan tenaga baterai.

Mesin pengemasan kedap udara ini, pada umumnya banyak disajikan oleh toko peralatan rumah tangga ataupun sebuah toko perkakas dengan harga yang berbeda dari satu jenis dengan jenis yang lainnya. Mesin pengemasan ini memiliki harga yang murah dan terjangkau untuk jenis mini sealer, karena memang memiliki part yang sederhana dalam pembuatannya.

Bagi Anda yang membutuhkan vacum sealer berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan pengemasan yang Anda perlukan, sebaiknya Anda memperhatikan terlebih dahulu voltase yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin tersebut. Pastikan bahwa voltase yang diperlukan mampu dipenuhi oleh tegangan listrik di tempat Anda. Selain agar dapat mengoperasikan mesin dengan optimal, penyesuaian voltase ini merupakan salah satu trik untuk menjaga keawetan dari mesin pengemasan tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *