Ini Dia Bagian-bagian Mesin Jahit yang Perlu Anda Ketahui!

hargamesin.org-bagian mesin jahitMesin jahit merupakan mesin yang sangat membantu dalam berbagai bidang. Bagaimana tidak? Mesin ini dapat membuat atau membetulkan jahitan dan sobekan yang ada pada kain. Entah baju, celana, seprei, daster, boneka, tempat pensil, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya penggunaan mesin ini relatif cukup mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Tak hanya oleh penjahit saja, Anda dapat melakukan aktivitas jahit menjahit dirumah. Bagian-bagian yang saling berkaitan pun juga mudah dibetulkan. Memang sekilas terlihat rumit. Namun pemasangan dan pembenaran satu bagian dan bagian lainnya, dapat dilakukan dengan mudah oleh diri Anda sendiri.

Kenali terlebih dahulu bagian-bagian mesin jahit yang wajib Anda ketahui. Sehingga ketika ada masalah dalam proses menjahit. Anda langsung paham bagian mana yang perlu dibetulkan dan fungsinya apa.

  • Dudukan jarum

Fungsi bagian satu ini untuk memasang jarum jahit agar bisa bergerak keatas dan kebawah ketika mesin dijalankan.

  • Sepatu mesin

Gunanya untuk menjepit kain ketika proses menjahit berlangsung. Ini banyak jenisnya, sehingga dapat di sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Gigi mesin

Bagian ini digunakan sebagai penggerak supaya kain dapat bergerak maju ketika kain dijahit.

  • Tuas pengatur jarak

Pengaturan ini dilakukan agar renggang rapatnya suatu jarak jahitan. Biasanya terdapat tombol untuk mengatur ini. Setikan renggang bisa menggunakan angka 6-7. Jika ingin sedang cukup dengan 12-15. Dan apabila ingin rapat, dapat memilih 20-30.

  • Spul mesin

Ini berguna sebagai pengisi benang bawah.

  • Roda spul

Digunakan untuk mengisi spul dengan benang jahit ketika dipakai.

  • Sekoci

Bentuknya yang mirip dengan perahu, bertugas sebagai tempat untuk meletakkan kumparan benang yang ada di bawa jarum.

  • Pedal mesin

Alat ini di injak agar mesin dapat berjalan sesuai dengan timing yang kita perlukan.

  • Roda mesin

Sudah banyak mesin untuk menjahit modern yang tidak menggunakan roda. Namun, fungsi bagian satu ini yaitu untuk memulai dan memberhentikan jarum sesuai dengan titiknya.

Diatas adalah penjelasan bagian-bagian mesin dalam proses menjahit. Sekarang saatnya untuk berbagi informasi, mesin yang disarankan untuk Anda beli!

  • Singer 7285Q Patchwork

Kemampuan dalam membuat 100 pola jahitan dan 1 langkah pelubang kancing, membuat mesin ini patut Anda miliki. Kemampuan memutus benang, pengatur panjang lebar jahitan, jahitan mundur, control kecepatan, semua dimiliki oleh produk satu ini.

  • Singer Simple 3232

Walau tak sebanyak singer 7285Q, namun mesin satu ini juga mempunyai pola jahitan sebanyak 32 yang memuaskan. Harganya yang terjangkau berkisar mulai dari 2 jutaan rupiah dapat dibeli oleh Anda.

  • Brother Js1410

Mesin yang mempunyai pola jahitan sebanyak 14 motif, mempunyai pengatur tekanan benang ke atas sudah tak diragukan lagi. Miliki produk ini hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 1 jutaan rupiah. Sangat terjangkau bukan untuk memiliki mesin jahit ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *