Ingin Mesin Motor Tetap Awet di Musim Hujan? Rawat dengan Cara Ini!

Hujan memang akhir-akhir ini mengguyur kota Jakarta dan membuat beberapa jalanan di Ibu Kota ini menjadi banjir dan juga berlubang. Selain itu, kendaraan yang terkena macet pun setiap hari pastinya terguyur hujan yang memiliki curah yang tinggi. Jika kendaraan selalu terkena air, maka akan menimbulkan masalah pada bagian mesinnya. Apa lagi motor, mesinnya yang sangat mudah terkena guyuran hujan juga akan rusak jika terus menerus terguyur. Mengingat pengendara motor di ibu kota jauh lebih banyak dari jumlah mobil, maka jika rusak, pasti bengkel-bengkel setempat akan penuh dengan antrian motor. Untuk itu, Anda harus menjaga agar mesin motor Anda tidak mudah rusak ketika sedang musim hujan. Agar tidak rusak, terapkanlah cara-cara ini:

  • Cuci dengan Air Bersih

Setelah terguyur hujan, ada baiknya untuk Anda selalu membersihkannya dengan menggunakan air bersih dan juga cairan pembersih motor yang aman untuk digunakan untuk motor Anda. Meski sama-sama air, namun air hujan nyatanya mengandung asam yang bisa membuat cat dari motor Anda luntur dan juga menimbulkan karat pada mesinnya. Jika Anda memang tidak memiliki waktu untuk membersihkannya secara rutin, Anda bisa mengguyurnya dengan air bersih secara menyeluruh. Hal ini sudah cukup untuk membuat mesin Anda aman dari adanya karat.

  • Cek Rantai

Salah satu bagian mekanik yang paling penting dari motor dan berinteraksi langsung dengan mesin motor tersebut adalah rantainya. Jika Anda sehabis diguyur hujan ketika sedang memakainya, terutama jika melewati daerah yang penuh dengan kubangan air atau pun menerobos banjir, Anda harus memeriksa rantainya. Hal ini akan menimbulkan karat dan juga membuat rantainya kendor, apa lagi jika tidak mempunyai pelindung rantai. Anda bisa mengeceknya secara sendiri atau membawanya ke bengkel.

  • Periksa Kampas Rem

Jika motor habis diguyur hujan, biasanya ketika dipakai akan menimbulkan suara mengernyit, terutama ketika Anda menginjak dan juga mencengkeram rem motor. Bunyi tersebut ternyata datang dari rem motor yang basah karena terkena air hujan tersebut. Jika tidak dikeringkan dengan segera, kampas rem tersebut dapat mengeras karena biasanya terbuat dari bahan baku asbes dan juga dapat menimbulkan rem motor yang tidak mantap atau tidak pakem.

  • Membersihkan Busi

Untuk membuat mesin motor Anda pada musim hujan ini awet dan tahan lama, Anda dapat mencabut karet pada penutup busi dan tiuplah benda tersebut. Hal ini berguna untuk mengeluarkan air hujan yang terdapat pada busi dan membuatnya menjadi cepat kering. Hal ini bisa membuat mesin Anda bisa berjalan dengan baik dan tidak akan ngadet ketika sedang memakainya. Terapkanlah hal ini terutama ketika Anda habis menerjang hujan dan jalanan banjir dan berkubang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *