Ingin Mesin Bor Mempunyai Usia yang Panjang? Rawatlah dengan Tips Ini!

Kaum laki-laki pastinya sudah tidak merasa asing dengan alat perkakas yang satu ini, karena kebanyakan dari mereka pasti pernah memakai benda ini untuk membuat lubang pada dinding atau untuk hal lainnya yang positif. Mesin bor ini bekerja dengan cara memutar mata bor yang digunakan sebagai alat memotong permukaan benda tersebut. Alat ini tentunya sangat berguna untuk Anda yang gemar membuat perabotan sendiri atau memperbaiki perabot yang rusak dengan sendiri. Anda pun bisa menggunakan berbagai jenis dan juga ukuran mata bor yang cocok untuk benda yang Anda inginkan. Namun, jika Anda ingin alat tersebut bisa digunakan untuk waktu yang lama, mengingat harganya yang tidak terlalu murah, Anda harus merawatnya dengan baik. Memang banyak yang tidak mengerti bagaimana caranya merawat alat ini, maka simaklah tips-tips dibawah ini:

  • Pendinginan

Karena hanya bisa membuat satu lubang dalam setiap alat tersebut di nyalakan, maka jika Anda bermaksud untuk membuat banyak lubang, waktu pemakaian bor tersebut tentu akan lebih panjang. Jika sudah merasa bahwa mesin tersebut sudah dipakai dalam waktu yang cukup lama, akan lebih baik jika Anda melakukan pendinginan pada mata bornya agar tidak cepat rusak. Biarkan mesin tersebut sampai tidak terasa panas lagi, baru setelahnya Anda bisa memakainya kembali dengan leluasa. Hal ini tentu akan membuat usia mesin tersebut menjadi lebih panjang.

  • Putaran Mesin

Salah satu ciri khas dari menggunakan mesin bor adalah putaran dari mesin tersebut yang tergantung dari besar mata bor yang digunakan. Jika menggunakan mata bor yang sedikit besar, maka biasanya putarannya akan terasa lebih pelan dari biasanya. Sebaliknya, jika Anda menggunakan mata bor yang kecil, maka putarannya akan terasa lebih cepat. Jangan Anda paksakan yang ukuran besar untuk berputar cepat dengan menaikkan kecepatannya. Hal ini tentunya akan memperpendek usia dari mesin tersebut.

  • Pengasahan

Setiap alat pemotong memang haruslah diasah dalam waktu yang rutin untuk menjaga ketajaman dari benda pemotong tersebut, tidak terkecuali mesin yang satu ini. Namun, Anda harus memperhatikan dengan jeli waktu mengasahnya, jangan sampai ada kesalahan karena akan membuat alat tersebut tumpul dan akhirnya rusak. Sebelum memakainya, ada baiknya untuk memeriksa hasil dari asahan yang sudah Anda lakukan adalah benar atau salah.

Itulah beberapa tips dari merawat mesin bor agar usianya lebih panjang dan Anda pun dapat menggunakannya dengan baik dalam waktu yang lama. Anda pun jadi berhemat karena tidak perlu membeli mesin yang baru dalam setiap beberapa waktunya. Memang semua kerusakan mesin tersebut berawal dari mata bor yang diperlakukan dengan cara yang kurang baik. Untuk itu, perhatikanlah mata pemotong tersebut agar umur alat tersebut bisa semakin panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *