Harga Mesin Kopi: Tipe-Tipe Mesin Kopi Ekspreso

harga mesin kopiSebelum memilih mesin kopi ekspreso selain mencari tahu harga mesin kopi terbaru, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis mesin kopi. Berikut adalah jenis-jenis mesin ekspreso yang bisa Anda jadikan referensi dengan harapan dapat memudahkan Anda memilih jenis mesin kopi yang mana yang sesuai dengan kebutuhan

Mesin Kopi Super Automatic

Menggunakan mesin super automatif bisa dibilang sangat memanjakan. Karena semua tugas yang biasanya dilakukan oleh barista diambil alih oleh mesin ini, seperti proses menggiling, memadatkan kopi dan memanaskan. Proses pengoperasiannya sangat mudah, haya dengan menekan satu tombol, mesin akan bekerja membuat kopi sesuai denan menu yang Anda pilih.

Rasa kopi yang dihasilkan mesin ini biasanya tidak jauh berbeda. Yang membedakan adalah segi fungsional dan opsi programingnya saja. Mesin kopi ini biasanya digunakan untuk rumah tangga, sehingga tidak repot untuk membuat kopi.

Baca Juga : HARGA MESIN KOPI 3 TIPE

Mesin Kopi Automatic

Mesin kopi automatic atau pod coffe memiliki ciri khas menggunakan kapsul untuk membuat kopi. Beberapa orang beranggapan menggunakan mesin kopi automatic lebih praktis karena hanya membuat kopi seperlunya saja, yaitu cukup dengan satu kapsul yang akan diminum. Selain praktis, kelebihan mesin ini adalah desainnya yang unik. Bahkan ada beberapa jenis yang bergaya futuristic.

Mesin Kopi Semi-Automatic

Mesin kopi yang satu ini cocok untuk yang ingin ingin mengolah kopi sendiri seperti seorang barista. Menggunakan mesin ini memungkinkan penggunanya untuk menakar kopi sesuai dengan takaran yang tepat.

Fitur yang umumnya ada di mesin semi automatic diantaranya adalah boiler, portafilter dan lever yang dapat menghasilkan ekstrasi. Menggunakan mesin ini Anda harus melakukan penggilingan dan pemadatan (stamp) sebelum melakukan ekstrasi kopo. Mesin ini terbagi menjadi dua jenis yaitu: manual control dan programmable doses.

Perbedaan keduanya adalah: mesin yang manual control bisa menstop sendiri jika kopi yang dituang sudah sesuai kebutuhan. Biasanya proses mengekstrak membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 detik. Sedangkan pada mesin programmable doses, banyaknya kopi bisa Anda tentukan mau seberapa banyak dan mesin akan berhenti otomatis setelah sudah mencapai jumlah yang Anda inginkan.

Mesin Kopi manual

Mesin kopi manual adalah jenis mesin yang klasik namun masih terlihat elegant sesuai dengan fungsinya. Menggunakan mesin ini Anda harus menggiling biji kopi, tamping, mengatur suhu dan lamanya ekstrasi.

Mesin ini umumnya memiliki fitur yang lengkap seperti: boiler, steam pressure gauge, manual level dan porta filter. Manual lever fungsinya untuk mengendalikan ekstrasi secara manual.

Mesin Komersial

Mesin ini didesain besar dan tangguh. Mesin ini ditujukan untuk pengguna yang lebih kompleks. Harga mesin kopi komersial atau professional cukup mahal, karena biasanya digunakan oleh kafe-kafe besar yang fokus ke kualitas kopi. Bisanya menggunakan daya listirk 220 volts.

Nah, sekarang sudah tahu kan mesin kopi ekspreso jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan. Harga mesin kopi setiap jenis berbeda-beda namun setiap tipe mesin masih dibandrol cukup mahal mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *